Tangkal Penyebaran Covid-19, Ini Langkah Polisi

Tangkal Penyebaran Covid-19, Ini Langkah Polisi

 

Kereneng, DenPost

Upaya pencegahan dan penangkalan virus corona (Covid-19), Biddokkes Polda Bali yang menggandeng RS Bhayangkara Denpasar memberikan ceramah terhadap ratusan orang. Tak hanya memaparkan cara menangkal penyebarannya, petugas juga memberitahu gejala terjangkitnya virus tersebut.

 

 

 

 

 

Kabiddokkes Polda Bali Kombes dr. A. Nyoman Eddy mengatakan, ceramah kesehatan tersebut digelar di Paviliun PRG Rumah Sakit Bhayangkara, Jumat (6/3). “Virus corona (Covid19) merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu,” ucapnya.

Baca juga :  Sepuluh Hari Hilang, Dadong Cukri Ditemukan Selamat di Dasar Jurang

 

 

 

 

 

 

 

Menurutnya, salah satu gejala jika virus tersebut telah menjangkiti seseorang, seperti hidung beringus, sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, demam dan tidak enak badan. “Inspeksi saluran pernafasan atas (ISPA) tanpa komplikasi (Uncomplicated illness), pneumonia ringan (Inspeksi saluran nafas bawah ringan), pneumonia berat, gagal nafas akibat Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS), Sepsis, dan Syok Septik,” beber Nyoman Eddy menjelaskan dengan istilah medis.

Baca juga :  Truk Engkel Terjun ke Tukad Jinah, Tujuh Orang Luka-luka dan Sopir Meninggal

 

 

 

Nyoman Eddy menghimbau masyarakat dan pera peserta yang hadir agar tetap waspada dan tidak panik dalam menyikapi kondisi yang terjadi. Termasuk agar tidak menyebarluaskan berita yang berpotensi menyebabkan keresahan.

 

 

 

Pencegahan virus corona bisa dilakukan dengan cara sering-sering mencuci menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik, hindari menyentuh wajah, hidung, atau mulut saat tangan dalam keadaan kotor atau belum dicuci. Hindari kontak langsung atau berdekatan dengan orang yang sakit, hindari menyentuh hewan atau unggas liar, membersihkan dan mensterilkan permukaan benda yang sering digunakan, tutup hidung dan mulut ketika bersin atau batuk dengan tisu kemudian buanglah tisu dan cuci tangan hingga bersih, jangan keluar rumah dalam keadaan sakit, dan kenakan masker dan segera berobat ke fasilitas kesehatan ketika mengalami gejala penyakit saluran nafas. (124)

Baca juga :  Gemar ‘’Ngayah’’, Bule Inggris Ajukan Diri Menjadi WNI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini