Prof. Bandem Minta Janger Klasik Tak Hilang

0
8

Sumerta, DenPost

 

Seniman yang juga guru besar bidang Etnomusikologi, Prof. Dr. I Made Bandem meminta seniman generasi mudah untuk menjaga keberadaan tari Janger Klasik. Ia mengaku khawatir, lantaran keberadaan kesenian ini semakin pudar lantaran kehilangan arah. “Sekarang ini kesannya Janger itu ada penyeragaman dari sisi pilihan gaya tari maupun gending-gending Janger yang dibawakan,” kata Prof Bandem dalam Kriyaloka Janger Melampahan, Jumat (6/3) di Taman Budaya, Denpasar

Baca juga :  New Normal" Diujicoba Juli, Adhi Ardana : Presentasikan Dahulu ke DPRD

“Pementasan Janger di beberapa tempat, seringkali juga kurang memenuhi pakem dari Janger Klasik, tetapi malah meloncat pada Janger gaya kontemporer, dengan menggabungkan musik-musik Barat dan musik Indonesia,” ucapnya. Ia khawatir, apabila pakem-pakem Janger Klasik ditinggalkan, generasi muda Bali akan kehilangan landasan untuk melestarikan Janger. “Kriyaloka ini penting supaya kita memiliki landasan untuk memajukan Janger Klasik di era modern,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesenian dan Tenaga Kebudayaan Disbud Provinsi Bali, Ni Wayan Sulastriani, mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan jelang pelaksanaan Pesta Kesenian Bali tahun 2020. Kegiatan ini diharapkan dapat mberikan gambaran kepada duta kabupaten/kota yang akan tampil di PKB lebih maksimal. “Sekaligus menyamakan persepsi bagaimana Janger Melampahan, yang di dalamnya mencakup tembang, tari dan gamelan,” tuturnya.

Baca juga :  DLHK Denpasar Evakuasi Pohon Timpa Mobil

Dengan mengangkat kembali seni-seni klasik, Sulastriani berharap generasi milenial bisa melestarikan nilai budaya Bali, khususnya di ranah seni Janger Melampahan. “Akan sulit melestarikan, kalau tidak mengetahui dan memiliki teknik yang benar,” ujarnya. Ia menambahkan, PKB tahun 2020 bertemakan “Atma Kerti, Penyucian Jiwa Paripurna”, yang akan berlangsung sejak 13 Juni mendatang. (wir)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini