Deteksi Penumpang Viking Sun, RSBM Gunakan Alat Ini

0
11

Sanur, DenPost

 

Terkait dukungan tugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Benoa, Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM) telah menerjunkan tim medis yang beranggotakan 10 orang untuk memeriksa 1.200 penumpang kapal pesiar Viking Sun. Pemeriksaan ini berlangsung pada Sabtu (7/3) sore hingga petang. Direktur RSBM, dr. Bagus Dharmayasa pada Minggu (8/3) di Sanur, Denpasar menerangkan, pemeriksaan tersebut dilakukan dengan mendeteksi temperatur tubuh penumpang menggunakan Termometer Inframerah.

Baca juga :  Lagi, Satu Pasien Covid-19 di Denpasar Dinyatakan Meninggal

“Alat ini menawarkan kemampuan untuk mendeteksi temperatur tubuh secara optik, selama objek diamati, radiasi energi sinar inframerah diukur, dan disajikan sebagai suhu,” jelas dr. Bagus. Kata dia, pada umumnya alat ini lebih dikenal dengan nama termometer laser. Alat ini terbukti bekerja akurat tanpa menyentuh objek. Seluruh informasi berkaitan temperatur, berasal dari radiasi kotak hitam yang dipancarkan objek.

Dengan alat ini, pemeriksaan penumpang dapat dilakukan lebih efektif, baik hasilnya maupun waktu yang dibutuhkan. “Alat ini untuk membantu pekerjaan pengukuran, atau termometer tanpa sentuhan untuk menggambarkan kemampuan alat pengukur suhu dari jarak jauh. Dengan mengetahui jumlah energi inframerah yang dipancarkan oleh objek dan emisi-nya, temperatur objek dapat dibedakan,” beber dr. Bagus.

Baca juga :  Berempati di Masa Pandemi, SMA/SMK Diminta Tak Naikkan Biaya Administrasi

Dari hasil pemeriksaan, ia mengatakan bahwa tak ada penumpang yang menunjukkan kondisi yang mengarah Covid-19. Sementara dua orang penumpang yang sebelumnya sempat sakit, setelah diperiksa, terbukti hanya mengalami Faringitis, atau peradangan terhadap tenggorokan. (wir)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini