Tanpa Dokumen, Nakhoda Kapal Mulya Bahari Dipidanakan

0
13
MULYA BAHARI - Kasus Kapal Mulya Bahari yang diamankan Sat Polair Polres Jembrana, Senin (9/3) dilimpahkan ke Kejari Negara.

Negara, DenPost

Kasus Kapal Mulya Bahari yang diamankan Sat Polair Polres Jembrana bersama Dinas Kesyahbandaran PPN Pengambengan, Senin (9/3) dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Negara. Kasat Pol Air Polres Jembrana, Iptu Eddy Waluyo, mengatakan, kasus ini terjadi pada Rabu (29/1) lalu. Saat patroli gabungan dan memeriksa kapal Mulya Bahari dengan nakhoda Icuk Sugiarto (33), rupanya sang nakhoda kapal tidak memiliki Surat Persetujuan Berlayar (SPB ),  Surat Laik Operasi (SLO), Surat Ijin Penangkapan Ikan (SIPI) dan Sertifikat Pengawakan Kapal yang dikeluarkan oleh Syahbandar.

Di sisi lain, nakhoda yang melayarkan kapalnya dengan 30 ABK itu mengetahui bahwa kapal tersebut tidak laik melaut. Selanjutnya nakhoda dan kapal diamankan di Kantor Sat Polair Pengambengan.

Baca juga :  Kadis Kesehatan dan Dukcapil Jembrana Dilantik Dengan Ini

Atas perbuatannya, nakhoda kapal dijerat Undang-undang No. 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran  Pasal 323 yo pasal 219 ayat (1). “Kami sudah limpahkan kasus tersebut ke kejaksaan,” jelasnya. (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini