Dampak Virus Corona, DPD RI Asal Bali Harapkan Pelaksanaan Haji Tahun Ini Tak Dibatalkan

HAJI-Komite III DPD RI, AA Gde Agung saat melakukan serap aspirasi terkait Pelaksanaan Haji dan Umrah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung. Senin (9/3).

Mangupura,DenPost

Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kegiatan umrah karena dampak isu virus corona. Tak ayal, banyak pihak khawatir pelaksanaan haji dari Indonesia pada tahun 1441 H atau tahun 2020 ini juga tidak ikut dibatalkan.

Kekhawatiran ini terungkap dalam acara pengawasan Anggota DPD RI Anak Agung Gde Agung tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah yang diselenggarakan Senin (9/3) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung. Turut hadir Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bali H Kusnul Hadi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung I Gusti Agung Gede Manguningrat. Hadir pula pihak dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bali, MUI Kabupaten Badung, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), dan sejumlah undangan lainnya.

Baca juga :  Diberlakukan Aturan Tanpa Karantina Bagi PPLN, Begini Pengamanan di Bandara

Secara tegas Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bali H Kusnul Hadi, sangat mengharapkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini tidak dibatalkan. “Kalau umrah kan yang bisa dilakukan sewaktu-waktu jadi mengikuti perkembangan. Tetapi haji ini satu tahun kan hanya sekali, tentu harapan kami tidak dibatalkan,” ujarnya.

Saat ini, terang H Kusnul Hadi, pihaknya tetap on the track untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk, kata dia, dalam hal pengurusan parpor, data jamaah haji, termasuk pengurusan visa masuk terus dilakukan. “Untuk pengurusan visa sekarang bisa di Kanwil tidak lagi di Kedutaan,” tandasnya.

Baca juga :  Kemeriahan Imlek di Kuta

Hal senada juga disampaikan Anggota DPD RI Anak Agung Gde Agung. “Saya juga mengharapkan demikian (pelaksanan haji tahun ini tidak dibatalkan, red). Juni ini kan sudah masuk bulan haji, harapan saya dan mudah-mudahan Tuhan mengabulkan, semoga April ini sudah selesai virus corona ini,” harapnya.

Untuk itu, Gde Agung yang juga Penglingsir Puri Ageng Mengwi ini berharap segala proses dalam pelaksanaan haji tetap dilakukan. Dengan demikian, jika tidak ada pembatasan seperti yang dikhawatirkan saat ini, semua sudah siap.(115)

Baca juga :  Pembangunan SMPN 5 Abiansemal Tak Kunjung Dibangun, Komisi IV DPRD Badung Lakukan Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini