Sebelum Sandar, Kapal Asing Dikarantina Dua Mil dari Pelabuhan

0
6

Benoa, DenPost

 

Kapal pesiar asing kembali bersandar di Pelabuhan Benoa pada Senin (9/3) pukul 06.00. Kapal jenis Columbus ini bertolak dari Darwin, Australia bermuatan 1.008 penumpang dan 622 kru kapal. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Benoa, Agustinus Maun, Senin (9/3). Agus menerangkan, pihaknya telah menerapkan pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang kapal sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Baca juga :  Di Bangli, 15 Orang Tak Bermasker Langsung Didenda

“Jadi kapal asing yang masuk, dia tidak diizinkan masuk dan bersandar di dermaga, sebelum melakukan pemeriksaan karantina di area karantina yang jaraknya kurang lebih dua mil dari pelabuhan,” terang Agus Senin siang. Kata dia, prosedur tersebut diterapkan kepada semua kapal asing yang masuk ke Indonesia. Ini sesuai standar dari World Health Organization (WHO), yang dipertegas dengan surat edaran Menteri Perhubungan RI lewat Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

Baca juga :  Koster Minta Masyarakat Dukung Paslon PDIP

“Untuk menerapkan semua prosedur yang berlaku ketika terjadi wabah penyakit menular secara global seperti ini (Covid-19),” imbuh Agus. Ia menerangkan, sebelumnya, pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang juga diterapkan terhadap kapal pesiar Viking Sun, yang sempat berlabuh pada Minggu (8/3) lalu. Berdasarkan data sebelumnya, Pelabuhan Benoa mencatat bahwa terdapat 30 kapal pesiar yang rencananya akan bersandar di Pelabuhan Benoa. (wir)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini