Sekda Akui Kantongi Identitas Warga yang Kontak Erat Dengan Pasien Covid-19

JUMPA PERS - Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra saat menggelar jumpa pers soal virus Corona.

Renon, DenPost

Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra, mengaku telah mengantongi 21 identitas orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19 yang meninggal. Mereka merupakan orang-orang yang berinteraksi dengan almarhumah sejak tiba di Bali hingga dirujuk ke rumah sakit. “Kita sudah temukan semua orang-orang itu oleh tim surveilans. Semua orang-orang itu sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan sudah diambil swab-nya untuk diuji lab,” kata Sekda.

Baca juga :  Pascalarangan Mudik, Dishub Jaga Jalur Tikus Travel Liar

 

Sampel swab tersebut telah dikirim ke Jakarta dan saat ini pemerintah sedang menunggu hasil keluar. Sejak tanggal 9 Maret lalu, 21 orang itu telah diisolasi di rumah masing-masing dan telah diberikan edukasi untuk menjaga kesehatan hingga etika ketika batuk dan bersin. Hingga saat ini, seluruh orang itu dalam kondisi sehat. Kata Sekda, prosedur tetap (protap) berkaitan penanganan pasien Covid-19 telah diterapkan terhadap almarhumah dan juga 21 orang tersebut.

 

Baca juga :  Pertengahan Mei, PKM Diberlakukan di Denpasar

Dari 21 orang yang diisolasi, seorang di antaranya adalah suami almarhumah. Ia diisolasi secara khusus di RSUP Sanglah bersamaan pada saat almarhumah dirujuk ke RUP Sanglah. Sebab, suami almarhumah paling dekat kontak dengan almarhum, dibanding orang yang kontak erat lainnya yang interaksinya singkat. “Suami adalah orang yang paling intensif kontak, maka terhadap suaminya juga sudah diisolasi. Keadaanya sangat sehat, tetapi protapnya mengharuskan,” terang Sekda.

Baca juga :  Regulasi Tambahan Masuk Bali, Koster Pasang Tiga Syarat

 

Saat itu Sekda sempat ditanya, mengapa WNA positif Covid-19 ini bisa lolos dari pemeriksaan di Bandara Internasional Ngurah Rai. Ia menjelaskan, itu disebabkan karena virus memiliki masa inkubasi yang pada umumnya selama tiga hari, sehingga itu diduga menjadi penyebab lolosnya WNA positif Covid-19. “Dia tidak kena di Bali, kemungkinan dia membawanya (virus) dari luar,” pungkas Sekda. (wir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini