BTB Usulkan Bali Punya Alat Pemeriksaan Swab

Ketua Bali Torism Board (BTB) Bali, Ida Bagus Agung Partha (kanan)

Renon, DenPost

Ketua Bali Torism Board (BTB) Bali, Ida Bagus Agung Partha, mengusulkan agar Bali punya alat periksaan swab terduga Covid-19. Ini dibutuhkan untuk mengoptimalkan mitigasi, sehingga waktu pemeriksaan lebih efisien. “Kita lagi upayakan supaya pemeriksaan itu tidak lama, yang sampai tiga hingga lima hari. Setiap orang yang masuk ke Bali, air liurnya di cek,” ujarnya saat ditemui Kamis (12/3) di Kantor Gubenur, Renon, Denpasar.

Baca juga :  Pusat Akui Bali Mampu Kendalikan Pandemi

Menurutnya, alat tersebut efektif memeriksa wisatawan dalam jumlah yang banyak, misalnya 9.000 atau 10.000 orang. Karenanya alat tersebut penting ditempatkan di pintu masuk ke Bali. Sebagai sektor pemimpin bidang pariwisata, pihaknya juga telah mengimbau hotel-hotel untuk lebih aktif memeriksa kesehatan pengunjung dan pegawai. “Kita ada SOP-nya, saat ini kan fase satu ya, tapi sudah masuk stage lima dan enam,” paparnya.

Baca juga :  Razia di Dua Tempat, Terjaring 24 Warga Tanpa Masker

Di mana, kata dia, dalam fase ini harus ada keterbukaan informasi agar publik waspada. Hingga saat ini pihaknya percaya Pemerintah Provinsi Bali mampu menangangi persoalan ini. Apabila Pemerintah kewalahan, pihaknya siap membantu, salah satunya meminta bantuan ke negara sahabat lain. “Fase satu ini lumayan oke (penanganan Covid-19). Sekarang kan sudah harus lebih serius lagi, mungkin besok bisa 100, 200,” ujarnya.

Ditanya apakah Bali layak diisolasi, ia memandang hal tersebut bisa saja terjadi. Ini bergantung kondisi dan perkembangan Covid-19 di Bali. “Ya kalau memang perlu, kenapa tidak,” pungkasnya. (wir)

Baca juga :  Pemkot Denpasar Keluarkan SE untuk Siwaratri dan Saraswati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini