Hijaukan Daerah Hulu dan Aliran Sungai, Ini yang Dilakukan Badung

Hijaukan Daerah Hulu dan Aliran Sungai, Ini yang Dilakukan  Badung

Mangupura,DenPost
Sebagai wujud penghijauan di daerah hulu dan aliran sungai, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa yang didampingi Camat Mengwi I Nyoman Suhartana beserta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Prebekel Desa Werdhi Bhuana I Wayan Kardana beserta siswa-siswi SMK Karisma dan tokoh masyarakat setempat lainnya melakukan penanaman pohon di Areal Beji Pura Puseh, Banjar Sayan Delodan, Desa Werdhi Buana, Kecamatan Mengwi, Jumat (13/3).
Penanaman pohon penghijauan dalam rangka konservasi sumber mata air di Desa Werdi Bhuana, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. Coca Cola Amatil Wilayah Bali Nusra.
Dalam kesempatan tersebut Wabup Suiasa mengatakan atas nama pemerintah Kabupaten Badung sangat menyambut Baik kegiatan penanaman pohon penghijauan yang diinisiasi oleh PT. Coca Cola Amatil Wilayah Bali Nusra karena kegiatan penanaman pohon ini sangat bermanfaat bagi pelestarian alam beserta segenap ekosistem, juga perlindungan terhadap sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh seluruh umat manusia yakni air. Di Kecamatan Mengwi sendiri memiliki 67 titik mata air yang terbesar di seluruh kecamatan. Khusus di Desa Wedhi Bhuana terdapat 4 mata air kecil dimana mata air ini merupakan potensi sumber daya yang sangat penting sehingga harus dipelihara keberadaan, sifat dan fungsi serta keberlanjutannya. “Untuk itu, guna menjaga ketersediaan mata air tersebut, selain hal-hal kecil yang mudah dilakukan sebagai individu, ada pula aksi nyata secara kolektif yang bisa dilakukan untuk menjaga ketersediaan sumber air. Salah satunnya adalah penanaman pohon di kawasan sumber mata air yang dapat berfungsi sebagai penyerap air dan penyangga tanah khususnya mata air di wilayah Desa Werdhi Bhuana yang merupakan hulu dari Telaga Taman Ayun Mengwi sebagai sumber irigasi dari beberapa subak yang ada di sekitarnya,” jelasnya.
Lebih lanjut dikatakan perlindungan terhadap mata air ini harus dapat dilakukan secara berkelanjutan karena dengan menjaga kelestarian air berarti menjaga kehidupan dimasa mendatang. Terkait aksi nyata yang secara kolektif digagas oleh forum tanggung jawab sosial kabupaten Badung bersama dengan Coca-Cola amatil Indonesia wilayah Bali Nusra untuk melakukan penanaman pohon penghijauan wilayah sekitar wilayah Werdhi Bhuana sebagai komitmen untuk melestarikan lingkungan di Kabupaten Badung, pihaknya sangat mengapresiasi dan sekaligus mengingatkan untuk tetap komitmen menjaga lingkungan sesuai dengan UU NO. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. “Untuk perusahaan PT. COCACOLA  amatil wilayah Bali Nusra, kami juga mengingatkan, ini bukanlah akhir pelaksanan tanggung jawab sosial perusahaan. Besar harapan saya, program ini dapat terus berkelanjutan baik dalam hal pemeliharaan dan pemantauan,” tegasnya.
Sementara itu Ketua Forum Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (PJSP) Kabupaten Badung Gede Suarsa melaporkan maksud dan tujuan program penanaman pohon penghijauan dalam rangka konservasi sumber mata air ini adalah melakukan konservasi mata air di Desa Werdhi Buana melalui penanaman pohon yang dapat menjaga ketersediaan dan kualitas air yang ada. Kegiatan ini juga diisi penyerahan tong sampah terpilah ke masing-masing banjar di Desa Werdhi Buana.(a/115)

Baca juga :  Terbongkar, Sindikat Pemalsuan KTP di Pelabuhan Benoa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini