Tanpa Perantara Pemda, Dana BOS Dikirim Langsung ke Rekening Sekolah

Tanpa Perantara Pemda, Dana BOS Dikirim Langsung ke Rekening Sekolah

 

Mengwi, DenPost

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kedepannya disalurkan tanpa perantara pemerintah daerah. Dana BOS tersebut akan diterima langsung oleh sekolah. Hal tersebut disampaikan dalam Reses Komite III DPD RI Anak Agung Gede Agung di SMP Negeri 2 Mengwi, Jumat (13/3).

 

 

 

 

 

Menurut AA. Agung Gede Agung, penerimaan dana BOS secara langsung oleh sekolah sudah berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 9 tahun 2020. “kedepannya akan ditransfer ke rekening sekolah. Dan tak lagi melalui pemerintah daerah,” ucapnya dalam kegiatan yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Badung I Made Mandi.

Baca juga :  Sopir Ditemukan Meninggal dalam Truk

 

 

 

Penerimaan dana BOS secara langsung wajib dilaporkan secara berkala terkait penggunaanya. Sekolah yang tak melaporkan penggunaan dana BOS ke Kemdikbud selama dua tahun berturut-turut, maka dana itu akan dihentikan dan sekolah tersebut tak mendapatkan dana BOS lagi. “Maka dari itu sekolah wajib melaporkan anggaran dana BOS secara rinci,” imbuh Mantan Bupati Badung dua periode itu.

 

 

Baca juga :  Masyarakat Pelaga Dihebohkan Fenomena Hujan Es

 

Penyaluran dana BOS bakal dilalukan Secara bertahap selama tiga kali. Dimana total anggaran Rp 54,31 Triliun dari alokasi dana pendidikan yang mencapai Rp 505,8 Triliun atau 20 persen untuk anggaran pendidikan dari APBN Rp 2.528,8 triliun.

 

 

 

Menyambung keterangan AA. Agung Gede Agung, Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Badung I Made Mandi mengungkapkan, penggunaan dana sangat riskan jika tidak berhati-hati menggunakan anggaran tersebut. Dari itu, pihaknya meminta agar para guru atau kepala sekolah tidak melakukan kebijakan atau membijaksanai sesuatu yang bertentangan dengan aturan yang berlaku. “Pemerintah memberikan kemudahan akses dan mempercepat akses dalam mengelola keuangan sekolah. Kami harapkan pihak sekolah mengikuti aturan yang berlaku,” tegasnya. (yan)

Baca juga :  Gubernur Koster Perintahkan Deportasi Bule Bugil di Kayu Putih, Marga, Tabanan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini