Jaga Lingkungan, CCAI Gandeng Pemkab Badung Tanam 1.000 Pohon

Jaga Lingkungan, CCAI Gandeng Pemkab  Badung Tanam 1.000 Pohon
TANAM POHON - HR Operation Manager Coca Cola Amatil Indonesia Wilayah Bali-Nusa, I Gusti Putu Anom Arta Wijaya (baju biru), saat menanam pohon pada Jumat (13/3/2020) lokasi di Desa Werdi Bhuwana, Mengwi, Badung.

Mangupura, DenPost

Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) bersama Pemkab Badung melalui Sekretariat Daerah (Setda) Bagian Pembangunan dan Perangkat Desa Werdi Bhuwana, Mengwi, Badung, serta berbagai elemen masyarakat dan komunitas, melakukan kegiatan positif berupa gerakan penanaman pohon pada Jumat (13/3/2020).

HR Operation Manager Coca Cola Amatil Indonesia Wilayah Bali-Nusa, I Gusti Putu Anom Arta Wijaya, mengatakan dipilihnya Desa Werdi Bhuwana, Badung, untuk gerakan ini sebagai upaya konservasi sumber mata air dan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada lingkungan dan masyarakat. “Penanaman pohon ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Ini kegiatan berkelanjutan dari Coca Coca Amatil Indonesia. Tidak hanya di satu tempat, tapi kami menyasar seluruh Indonesia. Sebenarnya untuk di Bali, kami sudah lakukan di berbagai kabupaten seperti Buleleng, Bangli, Tabanan, Badung dan Denpasar. Kami berkomitmen selalu menjaga alam, karena prinsip kami adalah apa yang kita dapat dari alam, kita harus kembalikan lagi ke alam,” tegasnya.

Baca juga :  Di Badung, Klaster Pekerja Swasta dan Pelajar Dominasi Kasus Covid-19

Anom juga menjelaskan CSR yang dilakukan CCAI tidak hanya menanam pohon, tapi ada program bersih-bersih pantai dari Kuta, Legian, Seminyak, Kedonganan, sampai Uluwatu, rutin diadakan. “Kami menyumbang truk sampah, termasuk alat pengangkut dan pengolahan sampah. Hari ini (Jumat) kami sumbang seribu pohon yang totalnya akan disebar ke semua banjar. Jenis-jenis tanaman produktif seperti cempaka, dan durian. Di samping menjaga alam, juga bisa kita nikmati buahnya dalam waktu cepat,” jelasnya.

Anom berharap apa yang dilakukan itu dijaga masyarakat dan semuanya dipelihara sehingga bermanfaat bagi alam. Dia mengimbau perusahaan-perusahaan lain di agar ikut sama-sama menjaga alam, karena konsep Tri Hita Karana sangat luar biasa. ‘’Itu membuat pariwisata kita bisa hidup lebih lama daripada tempat-tempat lain,” imbuhnya.

Baca juga :  Ngaku Dirampok, Turis Inggris Jadi Gelandangan

Kegiatan ini juga mendapat dukungan berbagai elemen perangkat daerah dan komunitas masyarakat setempat. Wakil Bupati Badung (Wabup) I Ketut Suiasa mengatakan kegiatan ini sebagai wujud pemerintah Badung dan seluruh masyarakat selalu melakukan pelestarian dan perlindungan lingkungan. Salh satu wujudnya dengan menanam pohon seperti itu.

Perbekel Desa Werdi Bhuwana, I Wayan Kardana, menambahkan kegiatan yang di lakukan itu sebagai sinergisitas antara pabrik Coca Cola di Desa Werdi Bhuwana, Mengwi. ”Kami sangat bangga karena tujuan pabrik itu melaksanakan CSR dalam bentuk tanaman. Seperti tanaman mampu menyerap air dan yang dikelola di pabrik Coca Cola adalah air yang diangkat dari Desa Werdi Bhuwana. Kami atas nama pemerintah desa mengucapkan terima kasih atas sinergitas ini. Coca Cola menggali air dari desa kami, kemudian ikut merawatannya dengan cara menanam pohon,’’ tegasnya.

Baca juga :  Sampah Kembali Kotori Pantai di Badung

Regional Corporate Affairs Manager CCAI, Armytanti Hanum Kasmito, menambahkan penanaman pohon ini juga sebagai rangkaian menyambut Hari Air Sedunia pada 22 Maret 2020. “Kami berharap melalui kegiatan ini, CCAI sebagai warga usaha Kabupaten Badung, memberikan kontribusi yang tepat sasaran dan tepat manfaat untuk pelestarian lingkungan serta keberlanjutan masyarakat di Werdi Bhuwana,’’ tutupnya.

Selain penanaman pohon yang secara seremonial dilakukan di area Br. Sayan Delodan, juga dilakukan serah-terima tempat sampah pemilahan kepada pengurus Br.Sayan Delodan sebagai komitmen CCAI terhadap kebersihan lingkungan. (yad)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini