Objek Wisata di Buleleng Mulai Ditutup

DITUTUP - Pemberitahuan penutupan dipasang di sejumlah titik tempat wisata di Buleleng.

Singaraja, DenPost

Sejumlah tempat wisata seperti wisata swafoto di Wanagiri dan Air Terjun Sekumpul sudah mulai ditutup. Termasuk rumah tradisional Baliaga di kawasan SCTPB (Sidatapa – Cempaga – Tigawasa – Pedawa – Banyuseri ) juga tutup. Hal ini terkait mewabahnya virus Corona (Covid-19)  terhadap perkembangan pariwisata di Buleleng.

Di Air Terjun Sekumpul, Kecamatan Sawan ditutup dari kunjungan wisatawan mulai Rabu kemarin hingga batas waktu yang tidak ditentukan.  Perbekel Desa Sekumpul,  Made Suarta, mengatakan, sebelum penutupan, pihaknya merapatkan pihak pengelola, para pemandu wisata dan tokoh masyarakat. Dari rapat itu diputuskan untuk menutup kunjungan wisatawan sampai situasi kondusif. “Setelah kami rapat dan disepakati untuk menutup kunjungan untuk sementara, dan ini sesuai instruksi pemerintah darah, provinsi dan pemerintah pusat,” katanya.

Baca juga :  Satpol PP dan Polisi Jaga Ketat Tempat Karantina PMI

Sementara itu, Camat Sukasada, Made Dwi Adnyana, Kamis (19/3)  juga mengatakan, objek swafoto di wilayah Sukasada juga  ditutup. Termasuk kawasan wisata air terjun Desa Ambengan dan di Desa Sambangan, Sukasada. Dikatakan Dwi Adnyana, sebenarnya tingkat kunjungan wisatawan ke objek wisata di Kecamatan Sukasada tetap stabil meski terjadi penyebaran wabah Covid 19.  “Namun demikian, aktivitas wisata itu dikhawatirkan berdampak serius kepada kepentingan yang lebih luas, sehingga atas kesepakatan internal pengelola, bersama aparat desa dan tokoh masyarakat di kawasan setempat, diputuskan untuk menutup sementara,” tandasnya. (118)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini