Sikapi Soal Ini, FSP PAR Surati Sekda Bali

Putu Satyawira Marhaendra

Kutsel, DenPost

Dampak Covid 19 tidak hanya memukul para pengusaha namun juga pekerja pariwisata. Terkait kondisi ini, PD FSP PAR – SPSI Provinsi Bali yang memiliki anggota 10.800 orang di Bali  menyambut baik dengan adanya surat edaran (SE) dari Pemprov Bali yang telah memberikan perlindungan kepada para pekerja di Bali khususnya di sektor pariwisata.

Karenanya FSP PAR langsung melayangkan surat ke Sekda Provinsi Bali. Hal ini diungkapkan Ketua PD FSP PAR-SPSI Prov Bali, Putu Satyawira Marhaendra, di Kuta Selatan, Jumat (20/3). Dikatakanya, ada beberapa hal yang disampaikan dalam surat yang dikirim via WhatsApp tersebut.

Baca juga :  Belum Ditemukan, Hari Kedua Pencarian Korban Terseret Arus Pantai Dreamland

Dijelaskannya, proses merumahkan dan lainya yang dilakukan pihak pengusaha agar dilaporkan ke Pemprov Bali cq. Disnaker Bali. Termasuk perubahan besaran dan cara pembayaran upah dilakukan sesuai dengan kesepakatan antara pengusaha dengan pekerja /buruh.

Namun di sisi lain pihaknya juga berharap Pemprov Bali siap menerima perselisihan antara pengusaha dengan serikat pekerja/serikat buruh termasuk dari Federasi Serikat Pekerja Pawisata. Karena fakta di lapangan, sebelum SE ini dikeluarkan, beberapa pengusaha hotel sudah berencana untuk memberlakukan cuti tidak dibayar. Padahal banyak  pekerja masih memiliki sisa libur tapi diminta mengambil cuti.

Baca juga :  Tangani Sampah Tahunan, Pemkab Perlu Tambah Alat Berat

“Kalau di-unpaid leave- kan berarti tidak dapat gaji, kalau tidak dapat gaji apa yang dipakai makan sehari-hari,” ujarnya. Padahal menurutnya, ada cara yang lebih manusiawi yakni dengan merumahkan pekerja dan pengusaha tetap membayar upah pekerja. “Langkah ini sesuai Tri Hita Karana dan Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” imbuhnya.

Pada prinsipnya, sambung dia, para pekerja mengerti situasi saat ini. Tapi pengusaha juga diharapkannya tidak mengambil keputusan sepihak yang dapat memperkeruh proses pemulihan bisnis  akibat virus  Corona. (113)

Baca juga :  Badung Gelar Upacara Pemahayu Jagat dan Mapekelem di Pantai Seseh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini