Giri Prasta Keluarkan Edaran Terkait Pelaksanaan Ini

0
28
IMBAUAN - Surat imbauan terkait pelaksanaan panca yandnya di Kabupaten Badung.

Mangupura, DenPost

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, mengeluarkan imbauan terkait pelaksanaan upacara panca yadnya. Bagi upacara yang bisa ditunda, masyarakat diharapkan menunggu hingga masa tanggap darurat Covid-19 berakhir. Sedangkan bagi yang tidak, diminta mematuhi sejumlah arahan.

Surat Imbauan tertanggal 27 Maret 2020 dengan nomor 454/196/Disbud tersebut ditujukan kepada para camat, perbekel, dan bendesa adat di ‘Gumi Keris’. Upacara yang dimungkinkan ditunda oleh masyarakat sesuai surat tersebut, yakni ngenteg linggih apabila belum pangalang sasih, ngaben massal, mamukur massal, dan pawiwahan (menikah) dengan resepsi.

Baca juga :  Bawaslu Periksa ASN yang Diduga Berpolitik Praktis, Ini Kata Giri Prasta

Sementara pelaksanaan upacara yadnya yang tak bisa ditunda, yakni upacara dewa yadnya berupa piodalan. Mulai pura sad kahyangan, kahyangan jagat, kahyangan tiga termasuk kahyangan desa, pura dadia, panti dan paibon, dan piodalan di merajan masing-masing. Untuk upacara ini diimbau menggunakan upakara alit.

Demikian pula pitra yadnya atau ngaben. Di samping menggunakan upakara alit, iringan ke setra maksimal 50 orang. Terdiri dari keluarga duka, prajuru, serta krama pangapit dan panumbak. Upacara ngaben ini pun diimbau selesai hari itu juga, hingga tahap ngaroras.

Baca juga :  Hampir Sebulan Diburu, Penebas WNA Bulgaria Masih Misterius

Sementara manusa yadnya berupa pawiwahan dibatasi hanya berupa upacara, tanpa resepsi. Dari keseluruhan, diingatkan agar tak membuat kerumunan, sehingga terjauh dari kemungkinan penularan Covid-19. Demikian juga, berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat, seperti perbekel, lurah, dan kepolisian sekaligus mohon pengamanan bagi pelaksanaan upacara.

Kadisbud Badung, I Gde Eka Sudarwitha, Sabtu (28/3) berharap masyarakat mematuhi imbauan tersebut. “Jadi ini ditujukan kepada masyarakat Kabupaten Badung dalam rangka pencegahan Covid-19. Kami harapkan agar masyarakat sadar dan mematuhi imbauan dari Bapak Bupati,” ungkapnya.

Baca juga :  Terima LKPJ Bupati Tahun 2019, Begini yang Akan Dilakukan Dewan Badung

Mantan Camat Petang ini menjelaskan, imbauan berlaku hingga masa tanggap darurat Covid-19 dinyatakan berakhir oleh pemerintah. “Nanti jika masa tanggap darurat sudah berakhir, akan ada pemberitahuan lebih lanjut. Tentu harapan kita semua wabah ini cepat berakhir,” tandasnya. (115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini