Positif Covid-19 Bertambah Enam, Dua Ternyata Sembuh

Pasien Positif Covid-19 Tetap, Pasien Sembuh Meningkat
PENJELASAN - Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra, memberi penjelasan melalui siaran video di Renon, Denpasar. (DenPost/wiradana)

Renon, DenPost

 

Data terbaru Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali menunjukkan penambahan enam orang positif. Mereka semua adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Namun ada fakta menarik di dalam penetapan status mereka, sebab dua di antaranya dinyatakan berstatus positif dan negatif secara bersamaan. Dengan demikian, pasien positif saat ini berjumlah empat orang. Itu dikatakan Ketua Satgas, Dewa Made Indra, pada Rabu (1/4) melalui siaran video di Gedung Kominfos Bali.

“Pengumuman yang lama ditunggu adalah menyatakan positif, karena meskipun kita di Bali sudah punya lab untuk uji swab, tapi sesuai protokol, maka uji lab harus dibawa ke lab rujukan. Ini butuh waktu. Sementara orang ini bisa mengalami perbaikan kondisi kesehatannya. Setelah melalui uji ini, dia negatif, sedangkan positif ini yang belum datang,” terangnya.

Lanjutnya, apabila hasil pemeriksaan di Bali menunjukkan pasien negatif, maka swab tidak perlu dikirim ke pusat. Namun apabila hasil uji di daerah menyatakan positif, maka akan dilakukan pengujian swab kembali dengan mengirim sampel ke laboratorium rujukan di Jakarta maupun di Surabaya.

Baca juga :  Pasien Sembuh Covid-19 Lampaui Kasus Positif

Ia mengatakan, sepintas fakta ini terlihat aneh, namun ini diperoleh dari proses pemeriksaan sesuai protokol. Dewa Indra kembali menjelaskan, pasien dapat dikatakan sembuh dengan dua indikator, yakni kondisi fisik yang relatif sehat dan uji laboratoirum dengan hasil negatif secara berturut-turut.

Mengenai penambahan sebanyak enam kasus, Dewa Indra mengatakan bahwa pasien dinyatakan positif setelah sebelumnya sempat bepergian ke luar Bali, namun tidak ke luar negeri. Ia tak menyebutkan detail kemana pasien tersebut berkunjung sebelumnya. Setelah tiba di Bali, mereka mengalami demam. Setelah menjalani tes PCR, keenam ini menunjukkan indikator positif, sehingga kemudian sampel swab dikirim ke laboratorium rujukan di Surabaya.

Baca juga :  DISHUB DENPASAR SIDAK PERUSAHAAN OTOBUS

Mengenai perkembangan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), mengalami penambahan sebanyak dua orang dari Selasa (31/3) kemarin, sehingga total menjadi 157 orang.

Hasil uji lab yang sudah keluar sebanyak 136, yang terdiri dari 111 orang yang dinyatakan negatif dan 25 dinyatakan positif. Dengan demikian, kasus positif di Bali tumbuh enam. Pada waktu yang bersamaan, dua orang dinyatakan negatif dan dipersilakan pulang dari rumah sakit. (106)

Baca juga :  Satpol PP Pulangkan Lima Orang Telantar ke Jatim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini