Gempa M=4,3 Dirasakan di Kutsel

PUSAT GEMPA - Titik pusat gempa yang terjadi Kamis (2/4) siang berdasarkan analisa BMKG.

Kutsel, DenPost

Di saat warga pada tinggal di rumah, tiba-tiba getaran sesaat terjadi pada Kamis (2/4), sekitar pukul 11.34 wita. Salah seorang warga Jimbaran, Ibu Ana mengaku kaget karena saat akan mengambil peralatan kerja tiba-tiba terasa bergoyang. “Saya kira tadi saya yang pusing karena saat ngepak barang mau ambil karet kok goyang,” ungkapnya.

Dia baru tahu kalau itu adalah gempa setelah membaca di situs BMKG. Sementara itu, Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Drs.M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS lewat rilis memaparkan, gempa Kamis siang tersebut terjadi pukul 11:34:46 WITA. Berdasarkan hasil analisa BMKG, sambung dia, menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan M=4,3.

Baca juga :  Pelanggar Prokes di Badung Jalani Rapid Test

Episenter gempa terletak pada koordinat 9,42 LS dan 114,69 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 91 km Barat Daya Kuta Selatan,Bali. Sedangkan kedalamannya adalah 17 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar di dasar laut,” terangnya. Dia mengatakan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta II MMI (Getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. (113)

Baca juga :  Rapat Bahas Gacong, Putuskan Penanganan yang Menampung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini