Karyawan yang Dirumahkan Didorong untuk Bertani

I Gede Dana

Amlapura, DenPost

Ratusan karyawan di Kabupaten Karangasem yang sebelumnya bekerja di bidang pariwisata, telah dirumahkan sejak beberapa pekan lalu. Kondisi ini membuat banyak kepala keluarga harus “mengencangkan” ikat pinggang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tak bisa berbuat banyak, Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana saat diwawancarai pada Kamis (2/4), mendorong warga Karangasem yang saat ini sedang dirumahkan untuk tetap produktif lewat bertani. “Khususnya yang memiliki lahan pertanian. Seberapa pun akan sangat bermanfaat bila saat ini mulai digarap,” ungkapnya. Tak hanya saat ini, saat pariwisata masih stabil, pihaknya sering mendorong pemuda yang kesehariannya bekerja di pariwisata, untuk menyisihkan waktunya untuk belajar bertani. “Itulah mengapa saya mendorong, karena saat ini, keahlian itu sangat bermanfaat,” imbuhnya.

Baca juga :  Pandemi, BPJS Imbau Peserta Mandiri Tak Datangi Kantor

Dengan melirik potensi pertanian, minimal para karyawan dapat tetap produktif mendapat pemasukan sambil menunggu pariwisata kembali stabil. “Walaupun tidak dijual, minimal dapat digunakan untuk makan sehari-hari. Jadi bisa menekan pengeluaran untuk makan,” paparnya.

Dana berharap upaya ini tak hanya dilakukan bagi yang memiliki lahan pertanian saja. Bercocok tanam bisa dimulai dari pekarang rumah. “Kita bisa tanam cabai, sayuran di pekarangan. Itu akan sangat bermanfaat menekan pengeluaran saat masa sulit seperti saat ini,” tandasnya. (yun)

Baca juga :  Pedagang Pasar Terminal Curi Start, Pedagang Pasar Amlapura Timur “Ngedumel”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini