Periksa Orang, Akses Masuk RSUP Sanglah Dilengkapi Dekontaminasi

0
11
DEKOTAMINASI - Bilik dekontaminasi yang ditempatkan di pintu lobi utama RSUP Sanglah sejak Kamis (2/4). Siapa saja yang keluar-masuk gedung RSUP ini, maka akan melalui pemeriksaan. (DenPost/wiradana)

Sanglah, DenPost

Siapa saja yang keluar-masuk gedung Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah akan melalui pemeriksaan di bilik dekontaminasi yang ditempatkan di pintu lobi utama RS sejak Kamis (2/4/2020). Sesuai namanya, bilik ini berfungsi mencegah penyebaran virus, khususnya virus corona, masuk ke lingkungan RS. Kasubbag Humas RSUP Sanglah, Dewa Ketut Kresna mengatakan bahwa saat ini tersedia empat bilik dekontaminasi yang difungsikan.

Dari jumlah tersebut, satu di antaranya didesain pihak RS. Bilik ini berfungsi sebagai sistem pengembunan yang menggunakan H2O2 sebagai bahan antiseptik. “Khusus yang satu ini kami buat sendiri dengan teknik pengembunan. Butirnya sangat halus seperti kami lakukan untuk pasien asma, dan cairannya adalah antiseptik H2O2,” tegas Dewa Kresna, Kamis kemarin.

Baca juga :  Juru Masak Asal Jepang Gantung Diri di Pertokoan Sudirman

Bilik tersebut merupakan karya Tim Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI) dan K3RS RSUP Sanglah. Sedangkan tiga lainnya merupakan bilik yang disumbang masyarakat dan ditempatkan di Poliklinik, Ruang Nusa Indah, serta IGD.

Dewa Kresna menjelaskan cairan yang disemprotkan dalam bilik tersebut merupakan H2O2 atau hidrogen peroksida yang ramah lingkungan. Namun tiga bilik lainnya masih menggunakan metode semprot, sehingga setiap orang yang melalui bilik itu, akan basah. Pemeriksaan diterapkan saat masuk dan keluar gedung.

Baca juga :  Merasa Beresiko, Seorang Dokter Perempuan Pilih Test Swab Sendiri Ternyata Positif Covid

“Ini merupakan upaya pencegahan. Agar datang tidak membawa virus, pulang juga tidak membawa virus,” tambah Dewa Kresna.

Dia juga mengaku sangat bersyukur karena upaya pencegahan penyebaran virus corona  ini didukung masyarakat. Selain dukungan alat, sumbangan berupa alat pelindung diri (APD) juga datang silih-berganti. Kehadiran ini disambut antusias para petugas medis maupun pegawai di RSUP Sanglah yang menerapkan secara mandiri. (wiradana)

Baca juga :  Satu Perawat RS Swasta di Denpasar Positif Covid-19

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini