Puskesmas Banjarangkan II Dijadikan Karantina ODP “Bandel”

0
77
Puskesmas Banjarangkan II

Semarapura, DenPost

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memantau persiapan gedung Puskesmas Banjarangkan II di Dusun Losan, Desa Takmung, Banjarangkan yang akan digunakan sebagai lokasi karantina, Jumat (3/4). Di lokasi tersebut, personil BPDB, Dinas Kesehatan, TNI dan PMI tengah melakukan pembersihan dan pemasangan fasilitas penunjang karantina bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang “bandel” atau tidak mau melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Menurut Bupati Suwirta, langkah ini diambil karena dirinya merasa prihatin terhadap prilaku bandel para pelaku perjalan yang tidak memiliki kesadaran untuk mengisolasi diri di rumah. Untuk itu, demi kenyamanan, keamanan dan keselamatan warga, pihaknya telah menyiapkan gedung isolasi bagi pelaku perjalanan, Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dengan Pengawasan (ODP) dan Pasien Dengan Pengawasan (PDP) yang tidak mau mengkarantina diri secara mandiri di rumah masing-masing.

Baca juga :  Terkurung di Kapal Diamond Princess, Warga Klungkung Minta Dijemput

“Ini merupakan langkah terakhir Pemkab Klungkung dalam menangani ODP yang bandel berkeliaran dan tidak mau dipantau atau tidak mau mengisolasi diri di rumah. Ditempat ini akan disiapkan tempat tidur dan makan seadanya dengan diawasi oleh aparat seperti SatpolPP, Polisi dan TNI. Tolong taati himbauan kami, karantina diri sendiri di rumah sebelum dikarantina oleh pemerintah dengan tempat dan makanan seadanya,” ujar Suwirta.

Baca juga :  Pura Dalem Setra Batununggul Terbakar

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Klungkung, Putu Widiada mengatakan kalau hal ini merupakan langkah tegas Bupati Suwirta dalam melindungi warganya yang belum terpapar wabah Covid-19. Pihaknya bersama Dinas Kesehatan, PMI dan TNI , dalam waktu secepatnya akan menyelesaikan persiapan gedung karantina ini. Menurutnya, gedung puskesmas yang baru selesai dibangun ini akan mampu menampung sekitar 80 orang ODP. Pihaknya juga menegaskan para petugas yang akan bertugas di gedung isolasi ini nantinya tidak hanya petugas kesehatan, namun juga melibatkan TNI dan SatpolPP. (119)

Baca juga :  100 Warga Miskin di Klungkung Dilatih Hidroponik

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini