PMI Badung Galang Dukungan Masyarakat untuk Donor Darah

Kompyang R. Swandika

Mangupura, DenPost

Mewabahnya Covid-19 di berbagai daerah membuat sejumlah stok darah di berbagai daerah di Bali terbatas. Namun upaya terus dilakukan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) untuk menjaga kestabilan stok darah. Di Kabupaten Badung, persediaan darah untuk membantu masyarakat yang memutuhkan masih stabil, namun pihak PMI Cabang Badung tidak berani menjamin bahwa ketersediaan darah ini akan mencukupi selama wabah Covid-19.

Ketua PMI Kabupetn Badung, Kompyang R Swandika, Minggu (5/4) menjelaskan, hingga tanggal 3 April 2020 stok darah di PMI Badung sebanyak 161 kantong yakni golongan darah A sebanyak 49 kantong, golongan darah B sebanyak 42 kantong, golongan darah O sebanyak 36 kantong dan AB sebanyak 13 kantong.

Baca juga :  Berjemur di Pantai Kuta, Turis Ditindak Satpol PP

“Kami mengakui selama wabah Covid-19 ini stok darah tidak bisa tembus sampai 200 kantong. Biasanya kami bisa menyetok darah hingga 200 sampai 300 kantong darah dari berbagai golongan darah. Begitu juga dengan masyarakat yang ingin melakukan sumbang darah juga terbatas. Karena ada imbauan pemerintah membatasi untuk berkerumun. Namun, kami bersyukur ada saja yang mau menyumbang kan darahnya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya membuka dua posko untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin menyumbangkan darahnya. “Kita buat dua posko yakni di RSD Mangusada dan di Markas PMI Badung, jadi masyarakat yang ingin melakukan donor darah bisa ke kedua posko tersebut. Kita juga memberikan masker serta handsanitizer bagi para pendonor sebagai ucapan terima kasih atas sumbangan darahnya,” terangnya.

Baca juga :  Suiasa Ajak Petugas Awasi Mobilitas Penduduk dari Luar Daerah

Dari data yang diperoleh di Posko Markas PMI Badung dan UTD RSD Mangusada ada sebanyak 21 orang yang menyumbangkan darahnya dan pihaknya berharap angka ini bertambah seiring kebutuhan darah saat wabah Covid-19 ini meningkat. “Meski pun kasus di Badung baru dua orang positif, kita juga perlu waspada dan tetap siaga dalam membantu pengamanan stok darah di Kabupaten Badung,” jelas mantan Sekda Badung tersebut.(115)

Baca juga :  Curi Pistol dan HP Polisi, Driver Ojol Ditangkap

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini