Ditetapkan Zona Merah, Warga Pemogan Sempat Resah

Kepala Desa Pemogan, I Made Suwirya

Pemogan, DenPost

Kepala Desa Pemogan, I Made Suwirya, mengakui warganya sempat resah lantaran desa mereka ditetapkan sebagai zona merah Covid-19 pada (3/4) lalu. Pemogan menjadi salah satu dari sejumlah desa di Kota Denpasar yang ditetapkan sebagai zona merah karena disinyalir ada warga pendatang luar Bali yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Kata dia, keresahan warga mulai menurun setelah pihak desa melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE).

Baca juga :  Buronan Polda Metro Jaya Bersembunyi di Salah Satu Hotel di Denpasar

Mengingat penduduk Pemogan yang heterogen, Suwirta mengatakan pihaknya terus mendata warga yang ditinggal di wilayahnya dan juga mengontrol keluar masuk warga pendatang. “Kita berupaya memutus rantai penyebaran Covid-19 ini bersama Satgas Kota Denpasar. Kami selalu ikuti intruksi pemerintah, juga mengimbau masyarakat agar tidak resah. Karena masyarakat masih awam, ditambah media sosial propokatif,” jelasnya dalam kegiatan disinfeksi Minggu (5/4) di kantornya.

Baca juga :  Aksi Berbagi Sambut HUT Ke-76 RI

Dengan wilayah desa yang paling luas di Kota Denpasar, Suwirya mengakui bahwa pihaknya telah mengalokasikan dana yang dinilai cukup. Pihaknya menganggarkan Rp 500 juta untuk menjalankan program pengendalian Covid-19 itu. “Dana itu kami alokasikan dari APBDes tahun 2020. Sudah kami gunakan untuk melakukan program pencegahan seperti penyemprotan disinfektan. Kami upayakan program ini tetap berkesinambungan, dan juga partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Pada saat yang sama, ia juga menerima bantuan cairan disinfektan sebanyak 450 liter dari anggota DPRD Kota Denpasar, Made Yogi Arya Dwi Putra. Cairan ini akan segera didistribusikan ke dusun-dusun di Desa Pemogan, sehingga bisa ditindaklanjuti untuk disemprotkan ke rumah-rumah warga. “Kami memiliki 17 dusun, jadi kebutuhan disinfektan sangat tinggi,” bebernya. Kepada warga, ia terus mengingatkan agar disiplin menerapkan imbauan pemerintah. (106)

Baca juga :  44 Orang Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini