Desa Adat Gulingan Bentuk Tim Satgas Gotong-royong

GOTONG ROYONG - Bendesa Adat Gulingan, I Nyoman Dhanu usai melakukan pengukuhan tim satgas gotong royong covid-19.

Mangupura, DenPost

Desa Adat Gulingan, Kecamatan Mengwi, Minggu (5/4) membentuk tim satuan tugas (Satgas) gotong-royong dalam pencegahan penyebaran covid-19. Bendesa Adat Gulingan, I Nyoman  Dhanu didampingi Ketua Satgas Gotong-royong Pencegahan Covid-19,  I Made Sudja dan Wakil  Ketua, I Made Sudama  Senin (6/4) mengatakan, pembentukan satgas ini berdasarkan  imbauan Gubernur Bali serta keputusan bersama  Gubernur Bali dan Majelis Desa Adat Provinsi Bali. “Adapun tugas dari satgas ini adalah memberdayakan krama desa adat  dan yowana untuk bergotong-royong bersama  krama desa adat dalam melakukan  pencegahan covid-19 di Desa Adat Gulingan secara niskala dan  sekala,”ujarnya.

Baca juga :  Dukung Pencegahan Covid-19, BEM Hukum UTI Gencarkan Sosialisasi Prokes

Lebih lanjut ia menjelaskan, tugas secara niskala yakni melakukan nunas ica bersama pemangku di Pura Kahyangan Tiga Desa Adat dengan cara nyejer daksina  hingga wabah covid-19 berakhir. Sementara tugas sekala adalah melaksanakan edukasi, sosialisasi, pencegahan, pembinaan, dan pengawasan terkait wabah covid-19 ini. “Kami juga bertugas memberikan arahan  krama agar tidak berkunjung ke tempat-tempat keramaian dan mengurangi  kegiatan  yang melibatkan  banyak orang,” terangnya.

Baca juga :  Karena Ini, Pesepeda Dilarang Masuk Tol

Pihaknya juga menugaskan satgas ini untuk melakukan sejumlah kegiatan yakni berupa melakukan penyemprotan disinfektan serta menyediakan tempat cuci tangan maupun hand satitizer sebelum masuk ke pura khayangan tiga Desa Adat Gulingan. “Kami juga harus mendata krama tamiu dan tamiu yang baru kembali dari bekerja atau bepergian keluar Bali yang termasuk dalam kategori orang dalam pemantauan. Selain itu kita sarankan melakukan karantina diri selama 14 hari di rumah masing-masing sesuai dengan standar kesehatan,” paparnya. (a/115)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini