Hilangkan Rasa Bosan Siswa Belajar di Rumah, Ini Solusinya

Dauh Puri, DenPost

Kadisdikpora Kota Denpasar, I Wayan Gunawan, mengakui adanya informasi para siswa mulai bosan belajar di rumah. Karena itu, pihaknya pun menyikapi hal ini dengan melakukan rapat bersama MKKS (musyawarah kerja kepala sekolah) dan K3S (kegiatan kelompok kerja kepala sekolah) dan lain sebagainya, di mana untuk sekolah dasar (SD) supaya memaksimalkan fungsi guru kelas.

”Memaksimalkan fungsi guru kelas ini, dengan melakukan sejenis konseling kepada anak-anak dan kepada orangtua siswa supaya nantinya jangan sampai anak itu diberatkan. Sehingga kalau sampai diberatkan akan menimbulkan rasa bosan pada diri anak,” kata Gunawan memberi solusi, Rabu (8/4).

Baca juga :  Jaga Stabilitas Harga, Operasi Pasar Perumda Denpasar Berlanjut

Ditambahkan Gunawan, selain memaksimalkan fungsi guru sekolah di SD, untuk siswa SMP mengupakan pembelajaran di rumah melalui guru BK melalui monitoring. Meski tidak setiap hari, namun sekolah bisa memilah mana yang didahulukan dan mana yang dinomorduakan adalam artian sekolah ada action untuk diajak berbagi oleh anak-anak. ”Karena pada intinya anak-anak ini, sudah rindu ingin belajar seperti biasanya di sekolah. Karena jika anak-anak ini diajar oleh orangtuanya pasti tidak asam seperti yang diajar para gurunya di sekolah,” ujar Gunawan.

Ditanya terkait kelulusan siswa dan kenaikan kelas, Gunawan menyatakan telah ada Permendikbud Nomor 4 Tahun 2020 yang mengatur hal ini, dan semua sekolah telah tahu. Intinya kelulusan itu, lanjut dia, diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah. Di mana, nilai yang dipakai sudah diatur oleh sekolah termasuk kelulusan siswa kelas 6 SD dan kelas 3 SMP. Sedangkan kenaikan kelas juga diatur pihak sekolah masing-masing. (112)

Baca juga :  Ringankan Beban Warga, Dewan Usulkan Uang Gedung Siswa Disubsidi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini