Jaga Psikologi Siswa, Guru Tak Usah Kejar Target

Renon, DenPost

Beberapa siswa mulai mengeluh jenuh mengikuti pembelajaran dalam jaringan (daring) selama belajar di rumah. Selain masih menyesuaikan pola, ini disebabkan karena aktivitas rekreasi juga terbatas. Kondisi ini telah disadari Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa.

Diwawancarai Rabu (8/4), ia mengatakan telah mengingatkan agar pihak sekolah tidak kejar target menuntaskan kurikulum di tengah situasi pandemi Covid-19.

Baca juga :  Di Denpasar, 7 Pasien Sembuh dan Positif 9 Orang

“Pembelajaran daring dalam situasi seperti ini, para guru agar jangan menekankan capaian kurikulum. Tapi pelajaran yang lebih bermakna, seperti mengemas dalam permainan, dan sebagainya,” ujar Boy melalui ponsel.

Penyelenggaraan pembelajaran daring diminta tetap mengedepankan kenyamanan untuk menjaga keseimbangan psikologi anak. Ditanya ukuran nyaman yang dimaksud, guru diimbau tidak menjejali anak dengan tugas yang monoton, apalagi terlalu banyak.

Secara formal dan informal, pihaknya telah mengimbau kepada pihak sekolah agar melaksanakan pembelajaran daring yang mengedepankan aspek nyaman belajar.

Baca juga :  Jro Gede Batur Alitan: ‘’Ngrastiti Bhakti’’ Selamatkan ‘’Krama’’ dari Kematian Akibat Pandemi Covid-19

“Salah satunya mengedukasi siswa tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat, serta tentang Covid-19. Sehingga dengan ada rasa nyaman, akan membuat siswa senang dan betah belajar dari rumah,” ujarnya. Ia mencontohkan, pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika bisa dikemas dalam permainan.

Bagaimana dengan penilaian capaian belajar siswa? Ia menjelaskan bahwa selama pembelajaran tidak berlangsung di sekolah, maka penilaian yang digunakan adalah laporan belajar lima semester sebelumnya. Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Bali telah mengeluarkan imbauan melalui Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Bali Nomor 09/Satgas Covid19/III/2020, Tanggal 15 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Pembelajaran di Rumah. (106)

Baca juga :  Cari Ikan, Warga Yehembang Tenggelam di Perairan Gilimanuk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini