Pemda Sediakan Tempat Karantina Mandiri

Dewa Made Indra

Renon, DenPost

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra, mengapresiasi pemerintah daerah kabupaten/kota yang berinisiatif menyediakan tempat karantina mandiri. Tempat karantina ini diperuntukkan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan hasil rapid test negatif. Demikian dikatakan Dewa Indra dalam siaran video pada Sabtu (11/4) sore.

Kata dia, inisiatif ini dilakukan Pemda untuk mengatasi berbagai masalah yang selama ini muncul. Yakni, PMI bisa kurang disiplin karena terkendala ketersediaan kamar. “Ada rumah dengan kamar yang cukup, sehingga bisa karantina mandiri. Tapi ada juga yang jumlah kamar tidak cukup utk karantina. Ini disiasati oleh kabupaten/kota dengan menyiapkan tempat karantina. Untuk itu kami apresiasi inisiatif itu,” ungkapnya, tanpa menyebut secara spesifik Pemda yang telah menyediakan tempat karantina.

Baca juga :  Anggota DPR RI Kecam Terganggunya Sistem di Imigrasi

Dewa Indra menjelaskan, setiap PMI yang tiba di Bali akan menjalani rapid test atau pemeriksaan cepat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Bagi mereka yang terbukti negatif, selanjutnya diizinkan pulang ke rumah masing-masing untuk karantina mandiri. Selama karantina, mereka akan diawasi oleh Pemda, Posko Desa, Desa Adat, yang dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas. “Mereka harus melakukan karantina mandiri, di bawah pengawasan Pemda,” ujarnya.

Bagi mereka yang kedapatan positif melalui pemeriksaan cepat, maka segera dipilah untuk dibawa ke tempat karantina untuk dites lanjutan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), untuk pengambilan swab atau cairan tenggorokan, kemudian diuji di RSUP Sanglah. “Jika tes PCR positif, maka lanjutkan bawa ke rumah sakit, RS PTN Unud, RSUP Sanglah maupun RSU Bali Mandara. Tidak kami lepas ke masyarakat. Itu upaya itu mecegah sumber risiko baru,” pungkasnya. (106)

Baca juga :  Soal Penolakan Penyetopan PHR, Koster Ingatkan Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini