Di Denpasar, Ribuan UMKM Terancam Bangkrut

Kadis Koperasi UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena

Lumintang, DenPost

Penyebaran virus corona tidak hanya mengancam usaha besar, melainkan ribuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Denpasar terancam bangkrut. Pasalnya, daya beli masyarakat terus berkurang berimbas pada usaha yang dijalankan masyarakat.

”Kami sudah melakukan pendataan terhadap UMKM yang kena dampak mewabahnya virus corona. Dari 30.000 lebih UMKM yang ada di Denpasar, ribuan akan gulung tikar akibat sepinya pembeli,’’ kata Kadis Koperasi UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena, Kamis (23/4).

Baca juga :  Sekda Alit Wiradana Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Anak

Diungkapkan Erwin, saat krisis moneter yang kena dampak hanya usaha-usaha besar, namun penyebaran virus corona ini berdampak sekaligus memukul usaha kecil. Dengan adanya social distancing, physical distancing dan tidak boleh keluar otomatis masyarakat tinggal di rumah sehingga tidak ada berbelanja akan berimbas tutupnya warung-warung. ’’Sekarang yang bertahan buka hanya usaha mikro yang bisa  memanfaatkan informasi teknologi (IT) melayani pembeli secara online meskipun tidak maksimal tetap bisa bertahan. Warung yang tidak bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi akan tertinggal dan akan tutup,’’ ujarnya.

Lebih lanjut Erwin menjelaskan, sudah ada kebijakan dari pemerintah terutama UKM-UKM yang ekonominya lesu dan pendapatan turun. Di samping itu, UKM juga memiliki utang bank dan KUR, pemerintah sudah mengambil langkah yang bijaksana dengan memberikan restrukturisasi dan relaksasi terhadap pinjaman. Karena itu, UKM-UKM yang memiliki utang di Bank BRI, Bank BPD maupun bank lainnya  disarankan mohon keringanan. Di mana keringanan tersebut bergantung pada analisis bank itu sendiri dan tidak disamaratakan. ”Kami mohon kepada perbankan karena sudah ada aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar bank memberi kemudahan yang seringan-ringannya agar UKM yang ada di Denpasar bisa bertahan hidup,’’ jelasnya. (103)

Baca juga :  Aksi Sayat Paha Wanita Kambuh lagi di Denpasar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini