Ini 12 Masukan yang Diberikan DPRD Terhadap LKPJ Bupati Klungkung

RAKOR - Ketua DPRD Klungkung, AA Gde Anom bersama Wakil Ketua DPRD, Wayan Baru memimpin sidang paripurna secara  telekonferensi, Kamis (23/4).

Semarapura, DenPost

DPRD Klungkung mengeluarkan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Klungkung Tahun Anggaran 2019. Rekomendasi ini diberikan dalam sidang paripurna yang digelar secara  telekonferensi di gedung DPRD Klungkung, Kamis (23/4) . Ada 12 saran, masukan dan koreksi yang diberikan DPRD Klungkung terhadap LKPJ Bupati tahun 2019 tersebut. Diantaranya soal presentase penduduk miskin di Kabupaten Klungkung yang dinilai masih menjadi peringkat tertinggi kedua di Bali.

Seperti yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Klungkung, Wayan Baru. Dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD, AA Gde Anom tersebut, Wayan Baru mengatakan kalau DPRD Klungkung menilai secara umum kinerja Bupati Klungkung  dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah selama tahun 2019 cukup baik.  Namun ada beberapa koreksi yang perlu diatensi untuk penyempurnaan masa yang akan datang. Seperti halnya soal penanganan penduduk miskin.

Baca juga :  Nama Wabup Klungkung "Dicatut", Tawarkan Lelang Kendaraan

Walaupun secara kuantitas jumlahnya terkecil di Bali yaitu 10,43 ribu jiwa pada tahun 2018, namun jika ditinjau dari angka persentase, Klungkung masih menyandang persentase penduduk miskin tertinggi kedua setelah Karangasem  yaitu sebanyak 5,86 persen. Oleh karena itu ke depan,  dia meminta kepada bupati agar lebih fokus dalam pengentasan kemiskinan. Lebih-lebih saat ini (2020)  masyarakat sedang menghadapi bencana pandemik covid -19.

Terkait realisasi PAD sebesar 99,54  dari rencana (setelah Perubahan APBD 2019) sebesar Rp226,08 Miliar, pihak DPRD Klungkung  juga sangat mengapresiasi atas tindakan bupati. Namun Baru berharap dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat akan kewajiban membayar pajak daerah dan retribusi daerah sehingga perlu dilakukan langkah-langkah yang lebih nyata guna mencapai realisasi PAD 100 persen.

Baca juga :  Berbagai Promo BRI Semarakkan HUT Ke-76 RI

Demikian pula terhadap penyelenggaraan empat urusan pemerintahan wajib pelayanan dasar lainnya. Seperti Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Perumahan Rakyat dan  Permukiman, Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat; serta Bidang Sosial. Pihak DPRD juga meminta bupati lebih fokus memperhatian capaian kinerjanya dan wajib mengutamakan pelayanan dasar untuk Public Good ini.

“Khusus mengenai penyelenggaraan urusan pemerintahan wajib pelayanan dasar di bidang Sosial, perlu mendapatkan atensi saudara bupati pada masa yang akan datang,” katanya.

Sebelumnya, bupati Suwirta dalam sambutannya menjelaskan gambaran tentang kondisi perekonomian Kabupaten Klungkung pada Tahun 2018 sebesar 5,5 persen diatas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,17 persen. Termasuk juga penyelenggaraan urusan pemerintah daerah Kabupaten Klungkung yang dilaksanakan tahun 2019. Yang mana ada beberapa pembangunan yang dibiayai dari belanja telah terealisasi.

Baca juga :  Curi Motor Majikan, Buruh Potong Ayam Ditangkap di Sumenep

Diantaranya pembangunan dan rehabilitasi atau pemeliharaan  jalan yang terealisasi sepanjang 40,743 km. Untuk rehabilitasi atau pemeliharaan jembatan juga terealisasi satu unit. Begitupla capaian penyediaan air minum yang terlayani air bersih sebanyak 136.471 jiwa. Pembangunan dan rehab lima unit Puskesmas,
Pembangunan dan rehab 4 unit pasar, pemasangan eskalator dan mekanikal elektrikal pada Blok A Pasar Semarapura dan Bedah rumah yang terealisasi 109 unit dan rehab rumah terealisasi 219 unit.

Menurut Bupati Suwirta, keberhasilan pembangunan tersebut  dilandasi dengan semangat Gema Santi yang telah terbukti membawa Klungkung diakui di tingkat Nasional. Seperti inovasi daerah yaitu AGD Kris Top 99 inovasi daerah dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Mendapatkan Penghargaan/ Kota Layak Anak Mendapatkan Penghargaan Kabupaten Peduli HAM. (c/119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini