Rapid Test  Massal di Klungkung Abaikan Social Distancing

RAPID TEST - Ratusan PMI dan ODP menjalani rapid test di GOR Swecapura, Gelgel, Sabtu (25/4).

 

Semarapura, DenPost

Tidak seperti jadwal biasanya, Dinas Kesehatan Klungkung melakukan rapid test secara massal di GOR Swecapura, Gelgel, Sabtu (25/4). Ada  470 orang yang menjalani rapid test dari pagi hingga siang. Mereka yang rapid test merupakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang telah habis menjalani karantina di rumah masing-masing selama 14 hari. Saking banyaknya, rapid test yang ini malah mengabaikan social distancing.

Baca juga :  Desa Adat Gelgel Tiadakan Atraksi, Penilaian Ogoh-ogoh Difokuskan Ketaatan Prokes

Mereka yang menjalani rapid test justru berkerumun. Dengan menggunakan sepeda motor, PMI yang menjalani rapid test terlihat berjubel menunggu giliran untuk dirapid test oleh tim tenaga kesehatan yang bertugas. Yang mengejutkan lagi, dari hasil rapid test yang dilakukan terhadap 473 orang tersebut, 26 orang di antaranya dinyatakan reaktif (mengarah positif). Dari 26 orang tersebut, 25 orang merupakan PMI dan satu ODP.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 ketika dimintai konfirmasi mengatakan, tidak semua orang yang dinyatakan reaktif diisolasi di RSUD Klungkung. Dari 26 orang yang reaktif,  hanya 10 orang dititip di RSUD Klungkung untuk menjalani tes swab. Sisanya 16 orang lagi dititip di Provinsi Bali.

Baca juga :  Hasil Rapid Test Mengarah Positif, Satu ODP Diisolasi Mandiri

“Bagi yang reaktif sudah langsung diisolasi. Dan rencananya besok akan diambil swabnya,” ujar Suwirta. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini