Tangani Corona, DPRD Bali Sepakati Anggaran Koster

BERI KETERANGAN - Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama memberikan keterangan usai rapat Senin (27/4/2020). (DenPost/ist)

Sumerta Klod, DenPost
Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor: 2592 Tahun 2020 pada 15 April 2020 perihal penyesuaian target pendapatan daerah dan penghentian sementara pelaksanaan belanja daerah, pimpinan dan anggota DPRD Bali menggelar rapat tertutup pada Senin (27/4/2020). Rapat ini melibatkan Badan Anggaran dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Ketua DPRD Provinsi Bali Nyoman Adi Wiryatama usai rapat mengatakan bahwa pihaknya sepakat dengan anggaran yang disodorkan Gubernur Bali Wayan Koster, dalam rangka penanganan corona. Hal ini sesuai dengan dana yang diumumkan Koster pada Kamis (23/4) lalu sebesar Rp756 miliar. “Pemotongan anggaran ini dua kali yakni Rp18 miliar dan Rp17 miliar sekian. Kami sepakat. Semua anggota tim Banggar, semua graksi, dan pimpinan, setuju,” tegas Adi Wiryatama.

Baca juga :  Gubernur Koster Pastikan ‘’Short-cut’’ Titik 7A,B,C dan 8, Rampung Oktober 2022

Menurut dia, pandemi corona merupakan persoalan bersama umat manusia. Ia mengajak semua pihak menyatukan pikiran untuk mempercepat penanganannya di Bali. “Kami putuskan dalam rapat bahwa rasionalisasi anggaran sudah kami sahkan. Kemudian ada juga target PAD yang kami turunkan menjadi 75 persen. Tanpa kita tahu piskal, kita akan mengkhayal-khayal terus, itu hasil rapat,” beber politisi asal Tabanan itu.

Realokasi ini dilandasi Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Dalam Negeri dengan Menteri Keuangan RI. Realokasi ini diumumkan terlebih dahulu sebelum dibahas. Soal itu, Adi Wiryatama mengatakan tak masalah. Dengan begitu, kata dia, Gubernur sebagai pemegang otoritas untuk mengambil kebijakan, yang kemudian disampaikan ke DPRD Provinsi Bali.

“Biasanya, etikanya, kami disurati dulu. Tapi karena post mayor, maka kami terima,” tegas Wiryatama.
Ia menambahkan proses pembahasan realokasi anggaran ini tidak lagi melewati sidang paripurna. Kata Adi Wiryatama, saat ini tindak lanjut realokasi anggaran ini sedang dirancang oleh Gubernur. “Jadi angka yang potong telah kami setujui. Kemudian alokasinya lewat pergub dan nanti disampaikan kepada kami,” pungkasnya. (wiradana)

Baca juga :  Gelar Tajen, Pecatan Polisi Diciduk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini