Bantu Korban PHK, Pemkot Rancang Kartu Pra-Kerja

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sertifikasi dan Kompetensi Kota Denpasar, IGA Rai Anom Suradi

Dauh Puri, DenPost

Pandemi virus corona yang sedang melanda semua wilayah di Indonesia, berdampak serius terhadap kondisi tenaga kerja. Sejumlah usaha memilih tutup operasional, sehingga karyawan perusahaan tersebut dirumahkan serta sebagian sudah di-PHK. Kondisi ini disikapi  pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan kartu pra-kerja. Mereka yang sedang mengalami PHK diberikan kartu pra kerja dengan syarat yang harus dipenuhi.

Bukan saja pemerintah pusat yang mengeluarkan kartu ini. Pemerintah daerah juga ada yang meniru kebijakan tersebut. Seperti yang dilakukan Pemkot Denpasar. Melalui Dinas Tenaga Kerja, Sertifikasi dan Kompetensi Denpasar, merancang kartu Pra-Kerja Sewaka Guna Kriya. Para pekerja yang di-PHK dan belum mendapat kartu dari pusat, mereka akan difasilitasi di daerah.

Baca juga :  85 Orang Positif Covid-19 di Kota Denpasar

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sertifikasi dan Kompetensi Kota Denpasar, IGA Rai Anom Suradi, Selasa (28/4) mengatakan, pihaknya merancang sebanyak 2.000 kartu pra kerja yang akan dialokasikan untuk mereka yang di-PHK. Jumlah ini dinilai sudah memadai, karena karyawan yang di-PHK serta dirumahkan di Denpasar sekitar 2.700 orang. “Sebagian dipastikan akan dapat kartu dari pusat. Yang belum dapat di pusat, akan kita fasilitasi, sehingga jumlahnya tidak akan banyak,” ujar Anom Suradi.

Kompensasi yang didapat oleh para calon pekerja ini tidak jauh dengan kebijakan pusat. Seperti pelatihan dan bantuan BLT. “Polanya tidak jauh dengan yang di pusat,” jelasnya. Dikatakannya, program pemerintah pusat sebenarnya sudah ada yang menangani para pekerja yang dirumahkan ini. Hanya, jumlahnya terbatas. Belum semua pekerja yang dirumahkan tersebut mendapat pelayanan dari pemerintah pusat, seperti harta pra kerja.

Baca juga :  Kasus Covid-19 di Denpasar Melonjak 293 Orang dan Enam Pasien Meninggal Dunia

Oleh karena itu, Pemkot Denpasar membuat program serupa kartu pra kerja yang diperuntukkan bagi pekerja yang dirumahkan maupun di PHK dan ber-KTP Denpasar. Kartu tersebut diberi nama Kartu Kerja Sewaka Guna Kriya. Di mana untuk pendanaannya menggunakan APBD Kota Denpasar. “Isinya menyerupai kartu pra kerja nasional, ada pelatihan, juga bantuan langsung tunai,” katanya.

Sementara itu, karena saat ini realisasi kartu pra kerja belum berjalan, pihaknya juga sudah mulai memberikan bantuan langsung tunai kepada pekerja yang dirumahkan dan di PHK. “Antisipasi pra kerja belum datang, kami berikan BLT Rp 600 ribu per bulan per orang,” katanya. (105)

Baca juga :  Dinsos Salurkan 180 Paket Sembako ke ODP

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini