Panitia Pelaksana Pengabenan Sudaji Jadi Tersangka

NGABEN - Suasana ngaben di Desa Sudaji di tengah pandemi covid-19, Jumat (1/5/2020).

Singaraja, DenPost

Polres Buleleng bertindak tegas pascaviralnya video upacara pengabenan pada Jumat tanggal 1 Mei 2020 sekira pukul 10.00 wita di Desa Sudaji, Kecamatan Sawan. “Melihat situasi pandemi covid-19 untuk melakukan social distancing, dalam suasana pengabenan tersebut terlihat kerumunan orang, sehingga pihak kepolisian melakukan penyelidikan terlebih dahulu dengan meminta keterangan dari beberapa orang yang diduga mengetahui langsung peristiwa tersebut,” ucap Kasubag Humas Polres Buleleng, Iptu Gede Sumarjaya, Senin  (4/5) siang. Dari hasil penyelidikan ditemukan dugaan peristiwa melanggar hukum sehingga peristiwa tersebut ditingkatkan dari penyelidikan ke tahap penyidikan sejak tanggal 3 Mei 2020 dengan menerbitan Surat Perintah Penyidikan.

Baca juga :  Polisi Gerebek Tajen di Ularan

 

“Dari hasil penyidikan dengan melakukan pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi telah ditemukan bukti yang cukup bahwa untuk menentukan seseorang yang diduga bertanggung jawab atas terkumpulnya banyak orang saat pengabenan,” imbuhnya.

Hasil gelar perkara yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Buleleng, AKP Vicky Tri H, bersama dengan penyidik dan Kasubbaghukum Polres Buleleng, Iptu Suseno, telah ditentukan seseorang yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Baca juga :  Pedagang yang Tewas di Depeha Alami Empat Luka Kekerasan Tumpul

“Seseorang yang berinisial Gede S, selaku panitia pengabenan telah ditetapkan sebagai tersangka sehingga diamankan selama 1 x 24 jam sejak tanggal 3 Mei 2020 untuk dilakukan pemeriksaan. Sedangkan dugaan pasal yang dipergunakan Pasal   14 ayat (1) UU RI No.4 tahun 1984 tentang wabah penyakit menular dengan ancaman pidana penjara selama-lamanya 1 tahun dan/atau denda setinggi-tingginya 100 juta, dan atau Pasal 93 UU RI No. 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan dengan pidana penjara 1 thn dan/atau pidana denda paling banyak 100 juta,” tandasnya. (118)

Baca juga :  Mantan Kabag Humas Jabat Sekda Buleleng

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini