Sidak, Tim Gabungan Temukan Toko Modern Melanggar

Gianyar, DenPost
Untuk mengawal SK Bupati Gianyar mengenai jam buka-tutup toko dan pasar, tim gabungan yang terdiri dari anggota Satpol PP, Polri, TNI, dan Kejaksaan Negeri Gianyar, melakukan sidak Minggu (3/5/2020) malam. Mereka menyasar toko modern yang masih buka lewat waktu yang ditentukan yakni pukul 19.00.

Tim dibagi menjadi enam kelompok untuk mengefektifkan jalannya sidak. Khusus di Kota Gianyar, tim dipimpin Wakapolres Gianyar Kompol Pius X. Febri Aceng Loda didampingi Kasatpol PP Made Watha, dengan menyasar seluruh toko modern yang masih buka lewat jam. “Sesuai SK Bupati, toko modern buka mulai pukul 10.00 hingga 19.00, dan pasar senggol mulai pukul 16.00 hingga 20.00,” ujar Kasatpol PP I Made Watha.

Baca juga :  Hindari Penyimpangan Dana Covid-19, Kejari Gianyar Beri Pendampingan Hukum

Hasil pantauan di lapangan, situasi di Gianyar kondusif. Walau masih ada beberapa toko yang buka lewat dari pukul 19.00, mereka sebenarnya merapikan dagangan untuk segera tutup. “Masyarakat mulai sadar walau ada beberapa toko yang masih buka,” tambah Watha.

Wakapolres Gianyar Kompol Pius X.Febri Aceng Loda menekankan sidak dilakukan dengan pendekatan kemanusiaan. “Sampaikan secara persuasif, tidak arogan, dan tidak ada kata-kata kasar agar jangan sampai masyarakat tersakiti,” pintanya.

Berdasarkan informasi Satgas Nusantara bahwa di Indonesia ada 27 kabupaten/kota yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Namun sampai kini Bali belum menerapkan PSBB tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa pemerintah masih mampu mengendalikan situasi. “ Ini prestasi yang perlu kita jaga bersama agar situasi bisa dikendalikan. Jika menerapkan PSBB, artinya pemerintah tidak mampu mengendalikan covid-19,” tandasnya. (yul)

Baca juga :  Warga Selasih Temukan Kerangka Manusia di Jurang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini