Bali Jadi Titik Debarkasi, Kodam IX/Udayana Tingkatkan Pengawasan

DENGAR PAPARAN - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto mendengarkan paparan para Danrem di jajaran Kodam IX/Udayana terkait situasi dan kondisi terkini serta penanganan corona di wilayah masing-masing melalui video conference pada Kamis (7/5/2020).

Dangri Kangin, DenPost
Selain Jakarta dan Batam, Bali juga menjadi salah satu titik debarkasi atau penurunan penumpang dari kapal laut. Dalam hal ini penurunan pekerja migran Indonesia (PMI) yang datang dari luar negeri. Kebijakan ini diterapkan Gugus Tugas Nasional dalam kepentingan penanganan virus corona. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto mengatakan itu saat menerima paparan para Danrem di jajaran Kodam IX/Udayana terkait situasi dan kondisi terkini serta penanganan corona di wilayah masing-masing melalui video konference pada Kamis (7/5/2020) di ruang rapat Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Baca juga :  Denpasar Tuntaskan Penyaluran BLT-DD ke 4.306 KK

Dengan ditunjuknya Bali sebagai salah satu titik debarkasi, maka Satgas Nasional melalui Mabes TNI menunjuk Satgas Kodam IX/Udayana sebagai komando.

Tugas-tugas perbantuan itu meliputi pengamanan pintu masuk, pengaman ruang isolasi karantina wilayah, tracking penyebaran virus, pemetaan wilayah terdampak dan pendataan serta pendistribusian bansos.

“Peran Satkowil dan Satnonkowil di wilayah agar terus ditingkatkan dan tetap mendorong partisipasi aktif mendukung program ketahanan pangan bersama komponen bangsa lainnya,” tegas Pangdam.

Menuriut dia, saat ini penanganan corona dengan meningkatkan kesadaran bersama untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan lingkungan sosial, melalui imbauan untuk melaksanakan protokol kesehatan. Jugaa senantiasa memberi pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudik serta tetap berada di rumah.
“Sebagai TNI, tugas kami mengamankan dan menjalankan program-program pemerintah yang dikeluarkan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat,” tegas Pangdam.

Baca juga :  Lolos di Gilimanuk, 15 Calon ABK Brebes Dikarantina di Denpasar

Untuk wilayah Korem 161/Wira Sakti, Kupang, dan Korem 162/ Wira Bhakti, Nusa Tenggara Barat, tetap melaksanakan tugas yang diemban sebagai Wakil Ketua Satgas Penanggulangan Penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing.
Pangdam menambahkan pertemuan virtual bertujuan untuk mengetahui perkembangan situasi dan upaya penanganan corona9 dari para Danrem. Informasi akan dijadikan bahan evaluasi untuk penyempurnaan pelaksanaan tugas satuan jajaran Kodam IX/Udayana. (wira)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini