Pengunjung Sepi, Omzet Perumda Pasar Sewaka Dharma Turun

IB Kompyang Wiranata

Dauh Puri, DenPost

Merebaknya virus corona berimbas pada sepinya pengunjung pasar tradisional di Denpasar. Kondisi ini otomatis mempengaruhi pendapatan Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Sewaka Dharma Kota Denpasar.

”Pascamerebaknya virus corona ada imbauan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, Pemprov Bali dan pemerintah pusat agar masyarakat tidak keluar rumah. Ini menyebabkan omzet pedagang di seluruh pasar yang ada di bawah bendera Perumda Pasar Sewaka Dharma dari Rp8 miliar-Rp10 miliar per hari terjun bebas menjadi sekitar Rp5 miliar per hari,’’ kata Dirut Perumda Pasar Sewaka Dharma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata, Jumat (8/5).

Baca juga :  WNA Terkapar di Buagan Ternyata Positif Covid-19

Menghindari kerumunan banyak orang di pasar, kata Kompyang Wiranata, pihaknya sudah mengambil langkah dengan menyiapkan pedagang berjualan secara online untuk membantu meningkatkan omzet penjualan. Namun apa yang dilakukan tidak semudah mebalikkan telapak tangan karena banyak pedagang yang gagap teknologi (gaptek). ”Omzet Pasar Badung sempat terjun bebas dari Rp900-Rp1 miliar juta menjadi hanya Rp280 juta per hari. Namun saat ini pendapatan naik mencapai Rp500 juta setiap hari karena masyarakat mulai melakukan aktivitas. Apalagi menjelang hari raya, masyarakat ke pasar mulai ramai,’’ ujar Kompyang Wiranata.

Di singgung omzet Perumda Pasar Sewaka Dharma sebelum ada virus corona, Kompyang Wiranata menjelaskan, pendapatan masing-masing pasar rata-rata antara Rp80 juta-Rp90 juta per hari. Dengan adanya wabah Covid-19, pendapatan Perumda Pasar Sewaka Dharma mengalami penurunan pendapatan Rp20 juta sampai Rp25 juta per hari di masing-masing pasar yang dikelolanya. ”Kami harapkan penularan virus corona cepat berlalu dan aktivitas jual beli di pasar kembali bisa normal sehingga omzet kembali seperti semula,’’ ucapnya. (103)

Baca juga :  Pemkot Denpasar Tanggapi Sengketa Tanah di Serangan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini