Baru Empat Desa di Klungkung Cairkan BLT

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa dan Pengendalian Penduduk Klungkung, I Wayan Suteja

Semarapura, DenPost

Dari 53 Desa yang ada di Kabupaten Klungkung, baru empat desa yang telah mencairkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa. Sisanya belum mencairkan karena masih melakukan pendataan dan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus). Berdasarkan data yang diperoleh di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Klungkung, Jumat (8/5),  empat Desa yang telah mencairkan dana BLT Dana Desa yakni Desa Tihingan, Negari, Getakan dan Nyanglan.

Baca juga :  Tol Gilimanuk-Mengwi Diharap Rampung Tahun 2024

Kadis PMDPPKB Klungkung, Wayan Suteja, mengatakan, BLT Dana Desa diberikan kepada warga miskin di desa yang belum mendapatkan program bantuan pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Pra Kerja. Namun baru beberapa desa yang menyalurkan BLT-DD karena rata-rata baru menyelesaikan musdesus Rabu (6/5) lalu.

“Ada 16 Desa yang belum musdesus untuk menentukan penerima BLT di desanya. Setelah kami cek, ada desa yang baru melakukan musdesus, Sabtu (9/5),” jelasnya.

Menurut Suteja, alokasi pemberian BLT  dibagi dalam tiga tingkatan dengan merujuk pada besaran dana desa. Seperti halnya desa yang memiliki dana desa kurang dari Rp800 juta, BLT dialokasikan 25 persen. Sedangkan desa yang memiliki dana desa Rp 800 juta sampai  Rp 1,2 miliar, BLT dialokasikan 30 persen dan desa yang memiliki dana desa di atas Rp 1,2 miliar, BLT dialokasikan 35 persen.

Baca juga :  Bangunan Style Bali di Selat Ludes Terbakar, Kerugian Capai Seratusan Juta

Masing-masing keluarga penerima bantuan mendapat besaran Rp600 ribu tiap bulannya. Hal ini berlangsung dari bulan April hingga Juni. Untuk selanjutnya masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. Sedangkan BLT Dana Desa diberikan dalam rangka untuk membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat COVID-19.

“Kami perkirakan, Senin (11/5) semua desa di Klungkung sudah dapat menyalurkan BLT dana desa,” katanya. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini