Bantu Warga, Banjar Binoh Kelod Lakukan Ini

ilustrasi paket sembako

Ubung Kaja, DenPost

Banjar Binoh Kelod, Desa Adat Pohgading, Ubung Kaja membagikan sembako kepada kramanya di balai banjar setempat, Minggu (10/5) kemarin. Menggunakan dana kas banjar setempat, sembako yang diberikan kepada 117 krama adat banjar ini, berupa beras 25 kg, 30 telur dan vitamin.

Kelian Adat Banjar Binoh Kelod, Wayan GD Kusuma Yasa, didampingi Penasehat Satgas Penanganan Covid-19 Binoh Kelod, Wayan Mirta, dan Gede Karang Kepakisan, mengatakan pemberian bantuan ini berdasarkan jeritan masyarakat karena pandemi virus corona. Karena itu, selaku prajuru banjar adat menginisiasi mengeluarkan bantuan untuk meringankan beban krama Banjar Binoh Kelod yang notabena bekerja sebagai karyawan swasta dan wiraswasta. “Sebagai prajuru adat, kami ingin mengembalikan fungsi banjar sebagai wadah tempat menampung suka duka dari banjar,” kata Kusuma Yasa.

Baca juga :  ‘’FibreFirst Cycling 2020’’ Ajak Warga Galang Donasi Melalui Gowes Virtual

Ditambahkan Kusuma Yasa, krama Banjar Binoh Kelod sebelumnya juga telah menerima bantuan dari LPD Desa Adat Poh Gading pada, 20 April lalu. “Dengan dana swadaya kas banjar sebesar Rp37 juta, bantuan ini kami berikan oleh, dari dan untuk krama,” ujarnya. Bantuan ini, lanjut dia, akan terus disalurkan jika pandemi virus corona belum selesai hingga tiga bulan kedepan. “Kami berharap pandemi virus corona bisa cepat berlalu, sehingga masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasanya. Kalau sampai lama, banjar harus turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan terjadi di masyarakat, karena kita leading sector terbawah mendengar jeritan masyarakat dan tidak mungkin menunggu bantuan pemerintah semata karena tugas pemerintah juga banyak,” ujarnya.

Pemberian bantuan ini juga berdasarkan paruman prajuru adat dan dinas pada, 26 April lalu, di mana adanya masukan dari penglingsir terkait juga adanya dana yang ada di Banjar Binoh Kelod. “Kami memerlukan kesepakatan bersama antara kelian dan penglingsir, sehingga bantuan ini bisa diberikan,” tandasnya. (112)

Baca juga :  KSU Pemogan Gelontorkan 1.258 Paket Kebutuhan Pokok Kepada Anggota

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini