Soal Wacana Belajar di Sekolah, Disdikpora Tunggu Instruksi Resmi

Dangri Klod, DenPost

Wacana pembelajaran yang kembali berlangsung di sekolah mencuat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kabarnya, kebijakan itu akan dilakukan pada awal tahun ajaran 2020/2021, sekitar Juli mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, mengatakan pihaknya belum membahas hal tersebut. “Mengingat yang berwenang atas  perkembangan situasi dan kondisi di Bali adalah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Bali,” kata Boy, Minggu (10/5/2020).

Baca juga :  Garong Bobol SDN 14 Dangin Puri

Jika situasi dan kondisi dinilai memungkinkan, kata Boy, tentu Pemerintah Provinsi Bali dan gugus tugas akan membuat kebijakan tentang kegiatan belajar mengajar dalam pendidikan di Bali. “Kalau memang itu kebijakan pimpinan (Gubernur Bali-red), apapun itu, kami siap,” cetusnya.

Terhadap kesiapan sekolah apabila kebijakan itu diterapkan, Boy menilai tidak ada kendala yang menonjol dihadapi. Hanya saja, diperlukan sosialisasi kepada seluruh pihak termasuk orang tua supaya mengikuti arahan pemerintah.

Baca juga :  Aparat Gabungan Razia Masker di Tiga Titik, Kasatpol PP : Denda Itu Bukan Tujuan

Sementara Kepala Disdikpora Kota Denpasar, Wayan Gunawan, juga menilai dengan pandangan serupa. Apabila pembelajaran kembali berlangsung di sekolah harus menerapkan protokol pencegahan Covid-19. “Kami di Kota Denpasar akan menindaklanjuti kebijakan dimaksud, tetapi mengingat di lain sisi kalau pandemi covid belum dinyatakan selesai, maka pelaksanaan proses belajar di sekolah akan memberlakukan protokol pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Antara lain mengatur jarak fisik, penyemprotan areal sekolah dengan  disinfektan, mewajibkan warga sekolah cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh dan penggunaan masker. “Saya baca beritanya baru kemarin. Ini baru berita di media, kebijakan resmi dari Kementerian kan belum ada,” pungkasnya. (106)

Baca juga :  Lagi, Orok Ditemukan di Sungai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini