Penerimaan 133 PMI yang Datang Lagi Dipantau TNI

Tuban, DenPost

Sebagai titik debarkasi yang ditentukan Gugus Tugas Nasional, Bali kembali kedatangan Pekerja Migran Indonesia, Sabtu (9/5/2020). Kedatangan PMI ini melalui dua akses, sebanyak 181 awak Kapal Karnival Spelndor masuk lewat Pelabuhan Gilimanuk. Sedangkan 133 awak Kapal Pesiar Dream Explorer, Jewel of The Seas dan Celebrity Contellation masuk Bali, melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Penerimaan PMI ini, turut dipantau Satgas dari Kodam IX/Udayana, yang turut terlibat dalam Gugus Tugas Daerah Provinsi Bali. Demikian diungkapkan Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G., dalam rilis tertulis pada, Minggu (10/5/2020).

Baca juga :  Kesal Dituduh Mencuri Bir, Aura Layangkan Tinju

Dia menjelaskan, proses penerimaan PMI ini dilakukan sesuai protokol pencegahan penularan Covid-19. Sebelum tiba di Bali, kata Kapendam, 133 PMI ini telah menjalani sejumlah pemeriksaan ketat tim kesehatan di Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok, Jakarta. “Begitu keluar dari pesawat, mereka langsung diperiksa kesehatannya di Pos Pemeriksaan Kesehatan Kedatangan Domestik, selanjutnya petugas KKP dan Satgas Penanggulangan Covid-19 dari Prajurit Denkav 4/SP Kodam IX/Udayana melakukan pengamanan dan pemeriksaan suhu tubuh, serta wawancara singkat terkait riwayat perjalanan penumpang,” tutur Kapendam.

Selanjutnya, seluruh PMI dibawa menuju Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Niti Mandala Renon Denpasar, dengan menggunakan kendaraan bus yang telah disiapkan dari Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali, untuk kemudian dikarantina dan didata kembali. “Dalam hal ini Kodam IX/Udayana akan tetap melakukan pengawasan terhadap kedatangan PMI maupun warga yang berpergian, khususnya pengawasan dan pengamanan di bandara maupun pelabuhan,” sambung Kapendam.

Baca juga :  Kekurangan Alat Berat , Sampah Pantai di Badung Capai 30 Ton Per Hari

Sebelumnya, jajaran Satgas Kodam IX/ Udayana juga terlibat dalam penerimaan ratusan awak dari Srilanka, Maladewa, serta awak Kapal Pesiar MV. Quantum Of The Seas. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini