Transmisi Lokal Cukup Tinggi, Buleleng Belum Terapkan PKM

Singaraja, Denpost

Transmisi lokal Covid -19 di Desa Bondalem, Kecamatan Tejakula cukup tinggi. Pemkab Buleleng pun memutuskan status karantina desa untuk desa yang dulunya terkenal sebagai penghasil jeruk yang melimpah. Pergerakan warga setempat pun diawasi, termasuk warga yang melintas di Desa Bondalem dicek lengkap petugas. Namun demikian, Pemkab Buleleng masih belum menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), seperti di Denpasar.

“Memang transmisi lokal di Desa Bondalem cukup tinggi, namun masih terkendali dengan upaya-upaya yang kita lakukan. Statusnya masih karantina desa dan sekarang hitungannya sudah seminggu berjalan,” ucap Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra, Senin (11/5/2020).

Baca juga :  Musisi Buleleng Diberikan Ruang Berkreasi

Dia pun menjelaskan, warga masih disiplin dalam mengikuti arahan dan kebijakan pemerintah dalam status karantina desa. Walaupun tak ditampik, ada sejumlah warga yang “nakal” melanggar status karantina desa. “Sejauh ini warga disiplin dan mengikuti protap karantina desa. Ya memang ada beberapa warga yang “nakal” beberapa hari lalu, tetapi sudah ditangani oleh tim gugus tugas setempat,” ujarnya.

Selain tetap melakukan penyemprotan disifentan, petugas di lapangan juga terus sosialisasi kepada warga dengan memakai APD lengkap level satu. “Petugas yang nyemprot pakai APD level satu, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Mudah-mudahan cepat berlalu dan laporan yang saya terima, hasil swab 100 orang warga yang positif hanya satu orang,” tandasnya. (118)

Baca juga :  Siswi Kelas I SMP Dicabuli di 5 Tempat Berbeda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini