Hotel Kelimpungan Bayar Tagihan Listrik, Ini Harapan Mereka

Nyoman Graha Wicaksana

Kuta, DenPost

Sejumlah pemilik hotel di Kuta, mengaku kelimpungan untuk membayar tagihan listrik PLN. Meski tidak ada wisatawan dan pemakaian listrik terbatas, ternyata beban yang harus dibayar masih tinggi. Karenanya, mereka berharap ada keringanan dari PLN terkait hal ini.
Keluhan ini dilontarkan pemilik Bakung Grup, Nyoman Graha Wicaksana, dan Pemilik Hotel Sandat Kuta, Gede Aryana, Selasa (12/5/2020).

Graha mengungkapkan, walaupun hotelnya kosong tidak ada tamu, pembayaran listrik tetap tinggi. Hal ini dikarenakan beban yang harus dibayar masih tetap alias tidak ada keringanan.
Dia mengaku sudah sempat mengajukan keringanan ke pihak PLN, namun disarankan untuk menurunkam daya. Dia khawatir jika harus dilakukan penurunan daya, ketika pariwisata membaik akan ribet mengurus kenaikan daya kembali. Dia berharap beban yang selama ini dikenakan supaya ditiadakan atau dihapus, sehingga pihaknya hanya membayar biaya pemakaian. “Saya bulan kemarin membayar sekitar Rp15 juta untuk beban dan pemakaian. Padahal sekarang tidak beroperasi karena tidak ada tamu,” ujarnya, sembari berharap segera ada solusi terkait persoalan tersebut.

Baca juga :  Engineering Tewas Tenggelam di Kolam Hotel di Kuta

Hal senada disampaikan Gede Aryana, pemilik Sandat Hotel. Meski tidak ada wisatawan yang menginap, pembayaran listrik yang harus ditangungnya tetap tinggi. Hal ini karena biaya beban tidak berkurang. “Kami harapkan ada kebijakan untuk membayar biaya yang dipakai saja tanpa dikenai beban, karena kondisi saat ini di mana para pemilik akomodasi wisata, yang terdampak Covid-19. Sebab imbas Covid-19 juga sangat memukul pemilik akomodasi wisata, utamanya pengusaha yang berasal dari masyarakat lokal,” tegasnya.

Apalagi pihaknya tidak tahu sampai kapan Covid-19 ini akan berakhir, sementara kebutuhan hidup juga harus dipenuhi. (113)

Baca juga :  Rawan Kecelakaan, Pos Balawisata Balangan Diharapkan Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini