Swasta Dipastikan Dapat Siswa

0
23
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa

Dangri Klod, DenPost

Sekitar 62.260 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) diprediksikan akan lulus pada tahun ajaran 2020/2021 ini. Jumlah tersebut, melebihi daya tampung sekolah negeri, sehingga pada tahun ini sekolah swasta dipastikan mendapat siswa. Saat ini, daya tampung SMA/SMK negeri dan swasta di Bali sebanyak 78.256.

Data ini dibenarkan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa, Rabu (13/5/2020). “Daya tampung sekolah negeri dan swasta masih ada lebih. Kalau hanya mengandalkan negeri, akan minus 20.000 an,” ungkap Boy.

Baca juga :  Lagi, 6 Pasien Sembuh dan Kasus Positif 9 Orang

Menurut Boy, saat ini sekolah swasta cukup berkonsentrasi terhadap peningkatan mutu dalam berbagai aspek. Mulai dari fasilitas belajar, hingga tenaga pengajar yang memadai. Justru, ketika sekolah negeri dipastikan tak mampu menampung seluruh lulusan siswa SMP, dia menilai sekolah swasta layak jadi pilihan. “Sudah banyak sekolah swasta yang berkualitas. Dari mana tahu berkualitas, bisa dilihat dari siswanya yang banyak bertugas di tempat bagus, seperti BUMN. Dalam even-even pun, kami melihat banyak yang mewakili dari sekolah swasta. Sering saya pertanyakan, mana sekolah negeri?,” ungkapnya.

Baca juga :  Tenggat Mendekat, Empat Ranperda Terancam Molor

Di lain sisi, dia tak menampik biaya sekolah swasta memang lebih tinggi dibandingkan sekolah negeri. Itu karena sekolah negeri mendapat bantuan dana berupa Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Terhadap kondisi itu, Boy mengatakan pemerintah juga akan memberikan bantuan kepada sekolah swasta berupa BOS daerah. “Melalui kebijakan Pak Gubernur, pasti bisa meringankan beban sekolah swasta. Pemberian BOS daerah hampir sama seperti sekolah negeri, yang penting sekolah swasta mampu menunjukkan kualitas,” tuturnya.

Baca juga :  Klaster Upacara Ngaben, Satu Warga Sanur Kaja Kembali Meninggal Akibat Covid-19

Boy menambahkan, apabila sekolah swasta dapat menunjukkan kualitas, maka secara otomatis akan dipilih oleh masyarakat. Dengan demikian, pihaknya berasumsi tidak lagi ada alasan sekolah swasta mengeluh tak dapat siswa. Terlebih, Gubernur Bali telah menyalurkan bantuan berupa dana kepada sekolah swasta dengan total Rp38,2 miliar. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini