Doa Bersama Kajeng Kliwon, Dinkes Terima Tirta Jangkep

HADIRI DOA BERSAMA - Wagub Bali Cok Ace bersama Gubernur Bali periode 1998-2003 dan 2003-2008, Dewa Made Beratha, menghadiri doa bersama di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kamis (14/5/2020).

Wakil Gubernur (Wagub) Bali Cokorda Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menyerahkan tirta jangkep (air suci) kepada seluruh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) tingkat kabupaten/kota se-Bali pada Kamis (14/5/2020) di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali, Desa Sumerta Klod, Denpasar.

PENYERAHAN tirta ini bertepatan dengan hari suci Kajeng Kliwon Uwudan yang dipercaya oleh umat Hindu merupakan hari untuk menetralisir unsur negatif. Menurut Cok Ace, tirta ini bersumber dari sejumlah tempat yang disucikan dan sakral antara lain Pura Lempuyang, Pura Batukaru, dan Pura Dalem Ped. Selanjutnya tirta dipercikkan ke para tenaga medis yang menangani virus corona (covid-19).

Baca juga :  Tambahan Covid-19 Bali Masuk 7 Besar, Kadiskes: Masih 1 Digit

Wagub menjelaskan kegiatan ini menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Agama Fachrul Razi serangkaian doa kebangsaan dan kemanusiaan pada masa pandemi corona. Doa ini juga merupakan upaya yang dilakukan Pemprov Bali menangani corona melalui jalur niskala.

Wagub juga mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penyebaran corona. “Bila menerobos imbauan pemerintah, kita semua juga tak akan mampu berbuat banyak karena virus ini mematikan seluruh sektor perekonomian dan seluruh lini kehidupan masyarakat,” ungkap Cok Ace.

Menurut dia, pemerintah pusat telah berupaya optimal mengendalikan virus corona. Sedangkan di Pulau Dewata, upaya itu lebih konkret lantaran Pemprov Bali melibatkan masyarakat, baik dalam aspek adat dan agama, sehingga penanganannya lebih optimal. “Bersama tenaga medis dan peran-serta masyarakat luas melaksanakan upacara secara bersinergi dan berkelanjutan agar covid-19 lenyap,” tegas Wagub.

Baca juga :  Cegah Tumbang, Pohon Besar Dirompes

Kini penanganan virus corona di Bali cukup baik. Hal itu terbukti dari tren pergerakan kasus yang menunjukkan kesembuhan pasien cukup tinggi. Atas capaian itu, Cok Ace mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, khususnya tenaga medis, pecalang, Satgas Gotong Royong berbasis desa adat dan seluruh warga yang disiplin mengikuti protokol kesehatan serta imbauan pemerintah selama ini. (wir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini