Tanpa Demokrat, Pansus Penyertaan Modal DPRD Denpasar Terbentuk

SIDANG - Suasana sidang paripurna pembentukan tiga Pansus, Jumat (15/5).

Dangri, DenPost

DPRD Kota Denpasar, Jumat (15/5) menggelar sidang paripurna pembentukan tiga panitia khusus (Pansus). Sidang digelar secara virtual dan dipimpin Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede.

Tiga Pansus yang dibentuk yakni Pansus VIII, tentang Pembentukan Gugus Tugas Covid-19, yang bertugas memberikan dukungan, penguatan dan pengawasan politik terhadap pelaksanaan penanganan wabah covid-19. Selanjutnya Pansus IX yang akan membahas Ranperda Kota Denpasar, tentang penyertaan modal pada Perumda Tirta Sewaka Dharma. Ketiga Pansus X yang membahas Ranperda tentang penyertaan modal daerah pada Perseroan Terbatas Penjamin Kredit Daerah (PT Jamkrida) Bali Mandara Provinsi Bali.

Baca juga :  Tersinggung, Pria Mabuk Aniaya Pengendara Motor

Meski semua Pansus telah terbentuk, namun keanggotaan Pansus IX dan X tentang penyertaan modal, tanpa Fraksi Demokrat. Karena Fraksi Demokrat melalui ketuanya, AAG Putra Ariewangsa dan Sekretarisnya, I Made Sukarmana, menyatakan menarik diri dari keanggotaan Pansus IX dan X.

‘’Melihat situasi dan kondisi saat ini, yang mana permasalahan akibat dari efek pandemi covid-19 belum tuntas dan sangat memukul perekonomian masyarakat, termasuk warga Kota Denpasar. Serta banyaknya imbauan pemerintah terkait pembatasan yang mengatur ruang gerak masyarakat dalam hal beraktivitas maupun mencari nafkah untuk tetap bisa melakukan social distancing. Di sisi lain belum meratanya pembagian sembako maupun pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) masih banyak menuai keluhan masyarakat. Maka dari itu, kami Fraksi Partai Demokrat mengusulkan agar pembahasan hal-hal yang tak urgen ditunda,’’ kata Ariewangsa melalui video teleconference.

Baca juga :  Cegah Covid-19, Ini Bisa Jadi Alternatif

Dikatakannya,  bilamana nanti pembentukan Pansus IX dan Pansus X yang membahas raperda penyertaan modal diteruskan, maka Fraksi Partai Demokrat bersikap menarik diri sekaligus keluar dan  tidak ikut serta terlibat langsung dalam hal pembahasan di kedua  ranperda tersebut.

Meski Fraksi Demokrat menarik diri, namun pembentukan ketiga Pansus tetap berlanjut. Sidang menetapkan Pansus VIII dipimpin I Ketut Budha dan wakilnya, Emiliana Sri Wahjuni. Pansus IX dipimin IGM Wira Namiartha dan wakilnya Kompyang Gede. Pansus X dipimpin Nyoman Gede Sumara Putra dan wakilnya, I Wayan Sugiarta. (105)

Baca juga :  3 Pasien Covid-19 di Denpasar Meninggal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini