Warga Sakit dan Cacat Tak Dapat BLT, Suwirta Sorot Ini

SERAHKAN BLT - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, saat menyerahkan BLT secara simbolis di sejumlah desa, Jumat (15/5/2020).

Semarapura, DenPost

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, I Wayan Suteja, kembali menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Jumat (15/5/2020).

BLT diserahkan di beberapa desa, yakni Desa Pikat, Jumpai, Tangkas, Gelgel, Tojan dan Desa Aan. Namun, sama seperti sebelumnya, Bupati Suwirta menemukan ada warga yang sakit maupun cacat fisik yang sama sekali belum tersentuh bantuan.

Baca juga :  Berniat Kabur, Dua Pelaku Curanmor Didor

Melihat hal tersebut, bupati asal Ceningan, Nusa Penida ini langsung berpesan kepada perangkat desa di Kabupaten Klungkung supaya dana yang masuk ke desa melalui Dana Alokasi Desa dapat difokuskan untuk menangani kemiskinan di wilayah masing-masing. Bahkan Bupati Suwirta meminta pihak desa tidak berlomba-lomba membangun kantor desa. “Pada tahun berikutnya, Dana Alokasi Desa harus diprioritaskan untuk mengatasi kemiskinan, bukan membangun kantor desa dan batas desa. Karena yang penting dari kantor bukan bangunan kantor, melainkan kebersihan, kenyamanan dan SDM yang berada didalamnya harus memahami tupoksi yang harus dikerjakan,” ujar Suwirta.

Sementara BLT yang diserahkan secara simbolis dari dana desa itu, sebesar Rp600 ribu kepada warga kurang mampu dan terdampak Covid-19. BLT Dana Desa merupakan bantuan yang bersumber dari Pemerintah Pusat, di mana untuk mendapatkan BLT dana desa, warga desa harus memiliki beberapa kriteria, yakni warga miskin yang kehilangan mata pencaharian karena Covid-19, menderita penyakit kronis dan masyarakat desa tersebut belum pernah mendapatkan bantuan apapun. “Saya tidak bermaksud menyalahkan perbekel maupun perangkat desa. Saya hanya berharap Dana Alokasi Desa harus digunakan untuk menangani hak-hak masyarakat yang tergolong miskin,” pintanya. (119)

Baca juga :  Petani Rumput Laut di Nusa Penida Sumringah, Ini Penyebabnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini