Lagi, Bangkai Penyu Terdampar di Perancak

DIKUBUR - Penyu hijau yang ditemukan terdampar dan sudah rusak di Pantai Perancak dikubur, Senin (18/5).

Negara, DenPost

Bangkai penyu langka jenis penyu hijau (Chelonia Mydas ) ditemukan terdampar di Pantai Perancak, Senin (18/5). Penyu hijau dengan ukuran kerapas panjang 71 cm dan lebar  69 cm itu diperkirakan berusia 30 tahun. Setelah ditemukan dan dikoordinasikan dengan pihak terkait, penyu tersebut akhirnya dikubur.

Koordinator Konservasi Penyu Kurma Asih Desa Perancak, Wayan Anom Astika Jaya mengatakan, saat ditemukan penyu sudah dalam kondisi rusak dan isi perutnya keluar. Pihaknya belum bisa memastikan penyebab matinya penyu tersebut. Apakah karena terbentur benda keras atau  karena  makan sesuatu seperti plastik, atau  terkena jaring.

Baca juga :  Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Jembrana Meningkat, 15 Pasien Dipulangkan

“Jadi semua belum pasti, karena harus diteliti oleh para pihak yang berkompeten. Itu yang  kami harapkan, karena  kami keterbatasan ilmu jadi kurang paham. Tapi mestinya sudah ada respons dari pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan konservasi penyu dalam hal ini BKSDA dan BPSPL,” jelasnya.

Pihaknya juga  terus berkordinasi dengan dua lembaga kementerian ini perihal kasus penyu mati yang semakin meningkat. Menurutnya, 5 bulan terakhir ini sudah ada 8 kasus penyu yang belum diketahui penyebab kematiannya.  (120)

Baca juga :  Kasus Covid-19 di Jembrana Kembali Meningkat, Satu Pasien Meninggal

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini