Tantangan Profesi, Guru PAUD Mesti Kuasai Teknologi

BUDI PEKERTI - Bunda PAUD Provinsi Bali, Putu Putri Suastini Koster, memandang peran guru PAUD dan TK sangat sentral dalam mendidik karakter dan budi pekerti anak usia dini.

Dangri Kangin, DenPost

Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini berhadapan dengan generasi milenial yang akrab dengan teknologi. Ini sekaligus menjadi tantangan bagi mereka yang berprofesi sebagai guru PAUD.

Supaya tetap mendidik dengan menyenangkan, guru PAUD wajib menguasai teknologi seiring era yang terus berkembang. Bunda PAUD Provinsi Bali, Putu Putri Suastini Koster, memandang peran guru PAUD dan TK sangat sentral dalam mendidik karakter dan budi pekerti anak usia dini. “Layaknya pohon besar, dia tidak akan berguna sebagai pelindung tumbuhan di sekitarnya apabila dia hanya mampu tumbuh tanpa membekali diri dengan karakter dan ilmu pengetahuan, dan jangan sampai kita dikuasai oleh teknologi,” ujar Suastini Koster, dalam peringatan HUT ke-70 IGTKI, di Mini Studio Disdikpora Provinsi Bali, Senin (18/5/2020).

Baca juga :  Dua Bulan, Dinsos Denpasar Rehabilitasi 20 Gepeng

Kemampuan beradaptasi dengan teknologi ini, bertujuan supaya pendidikan usia dini tetap ramah kepada anak-anak generasi Z, menjadikan guru sebagai teman sekaligus pendidik karakter yang berlandasan budi pekerti, sehingga pendidikan yang dimiliki nantinya akan berguna untuk bangsa dan negara. “Tanamkan agar mereka mampu menguasai teknologi agar dunia mampu di gerakkan dengan kecerdasan yang dia miliki,” ujar Suastini Koster.

Seminar online ini dihadiri juga Ketua IGTKI Provinsi Bali, Tjok Istri Mas Minggu Wathini; Kepala Dinas Dikpora Provinsi Bali, Boy Jayawibawa, dan Ketua PGRI Provinsi Bali, I Komang Arta Saputra. (106)

Baca juga :  Rem Blong, Truk Hantam Pedagang Cendol dan Cilok

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini