Bali Masuk 10 Besar Nasional Persentase Penyesuaian APBD dan PAD

Denpasar, DenPost
Provinsi Bali masuk dalam 10 besar tingkat nasional untuk persentase penyesuaian APBD, pendapatan asli daerah (PAD), belanja barang-jasa, dan belanja modal. Hal tersebut berdasarkan evaluasi yang dilakukan Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan, serta Instruksi Menteri Dalam Negeri, berkenaan dengan penyesuaian APBD sebagai dampak covid-19 (virus corona). Demikian siaran pers yang diperoleh DenPost dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Bali, Kamis (21/5/2020).

Baca juga :  Pemuda Asal Tenganan Diduga Disiksa Begal Hingga Tewas di Renon

Disebutkan pula, untuk rasionalisasi belanja modal, Bali berada di peringkat 10 dengan persentase 50 persen. Mengenai penyesuaian PAD, Bali juga ada di peringkat 3 dengan persentase 26,58 persen.
Sedangkan untuk rasionalisasi belanja barang dan jasa, Bali menduduki peringkat 6 dengan persentase sebesar 50 persen. Untuk penyesuaian APBD, Bali ada di peringkat 10 dengan persentase 21,28 persen.

“Realokasi ini kan komitmen. Makin tinggi yang direalokasi kan paling tidak menandakan tingginya komitmen gubernur,” ujar Kepala Bappeda Provinsi Bali, I Wayan Wiasthana Ika Putra, Kamis kemarin, saat dimintai konfirmasi mengenai masuknya Bali dalam 10 besar nasional penyesuaian APBD sebagai dampak virus corona.
Ika Putra menambahkan APBD Provinsi Bali memang relatif kecil yakni Rp7,2 triliun. Walau demikian, Bali mampu melakukan realokasi anggaran hingga Rp756 miliar untuk penanganan virus corona.

Baca juga :  Di Bali, Positif Corona Bertambah Tiga Orang

Hal ini tidak lepas dari komitmen Gubernur Bali Wayan Koster yang tinggi. Komitmen itu diikuti realokasi anggaran dengan menyisihkan dari program-program yang tidak prioritas.

“Itu kan luar biasa, sepuluh persen lebih. Daerah lain seperti Jawa Barat memang bisa merealokasi Rp14 triliun – Rp15 triliun, tapi APBD-nya kan Rp40-an triliun. Artinya, tidak proporsional,” tandasnya. (wira)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini