Satu Positif di Desa Ayunan, Sekeluarga Di-swab Massal

LANJUTAN - Screening lanjutan terhadap warga Banjar Sayan Baleran Desa Werdi Bhuwana, Senin (25/5).

Mangupura, DenPost

Penularan virus Corona (Covid-19) terus bertambah di Kabupaten Badung. Dinas Kesehatan Kabupaten Badung mencatat hingga Selasa (26/5) telah terjadi empat transmisi lokal di wilayah Badung. Transmini lokal ini pun langsung membuat jumlah kasus positif Covid-19 naik.

Penularan paling masif terjadi di Desa Werdi Bhuwana, Kecamatan Mengwi. Kemudian, tiga transmisi lokal lain adalah di Kelurahan Jimbaran (Kuta Selatan), Desa Dalung (Kuta Utara) dan Kelurahan Abianbase (Mengwi).

I Gusti Agung Alit Naya selaku Koordinator Bidang Pencegahan Satgas Covid-19 Kabupaten Badung menjelaskan, peningkatan kasus Covid-19 ini salah satunya disebabkan oleh peningkatan transmisi lokal. Untuk di Kelurahan Jimbaran transmisi lokal terjadi antara ayah kepada anaknya. Kemudian, di Dalung penularan antara suami dan istri. Hanya saja belum bisa dipastikan si penular karena istrinya adalah PMI. Selanjutnya untuk kasus di Abianbase suami yang PMI menularkan kepada istrinya. “Cuma dari tiga kasus itu tidak sampai menular ke keluarga inti,” kata Alit Naya.

Dinas Kesehatan sudah melakukan rapid test terhadap ribuan warga setempat. Rapid test massal terakhir dilakukan Senin (25/5). Dimana dari 777 orang di Banjar Sayan Baleran, Desa Werdi Bhuana yang dirapid test, sebanyak 21 orang kembali ditemukan hasilnya reaktif. “Yang 21 orang itu sudah lansung test swab. Swab pertama Senin kemarin. Dan hari ini (Selasa) kita langsung swab kedua. Untuk swab pertama keluar nanti sore, yang hari ini (swab kedua) besok,” papar Alit Naya.

Baca juga :  Diduga Oplos Gas Subsidi, Rumah Mahasiswa di Desa Pikat Digerebek

Lalu bagaimana dengan yang di Desa Ayunan, Abiansemal? Khusus di Desa Ayunan, Alit Naya menyebut satu orang memang benar telah dinyatakan positif Covid-19. Ia adalah petugas medis yang bertugas di salah satu rumah sakit di Denpasar. “Kalau untuk di Ayunan itu dari hasil pemeriksaan swab di Sanglah memang menunjukan positif, memang covid. Dan, sudah dirilis masuk positif,” katanya.

Untuk memastikan ada tidaknya transmisi lokal di lingkungan tempat tinggalnya, Gugus Tugas Provinsi Bali pun langsung memerintahkan untuk melakukan pemeriksaan pada keluarganya. Pemeriksaan di Ayunan ini pun dilakukan secara cepat tanpa dirapid test melainkan langsung dilakukan swab. Total ada 29 anggota keluarga langsung di-swab massal. “Kenapa di Ayunan ini ada perlakuan khusus (langsung di-swab)? Karena ada arahan Provinsi biar tahu cepat hasilnya,” tegas Alit Naya. Sembari menambahkan bahwa sambil menunggu hasil swab keluar ke-29 warga yang masih dalam satu pekarangan dengan jumlah 8 KK ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya. (115)

Baca juga :  Selain Push-up, Begini Cara SatPol PP Badung Bina Warga Tak Bermasker

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini