Kamis, 5 Desa dan Kelurahan di Denpasar Lakukan PKM dengan Utamakan Sanksi Moral dan Sosial

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai

Dauh Puri, DenPost

Sebanyak lima desa dan kelurahan di Kota Denpasar, akan melakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM), Kamis (28/5/2020).

Kelima desa dan kelurahan itu, yakni Desa Pemecutan Kaja, Desa Sanur Kauh, Kelurahan Panjer, Kelurahan Pedungan, dan Kelurahan Sesetan merupakan desa dan kelurahan yang mengajukan pelaksanaan PKM ke Pemkot Denpasar pada kloter pertama.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Rabu (27/5) kemarin, mengatakan kelima desa dan kelurahan yang melaksanakan PKM ini, bersama desa adatnya masing-masing. “Desa dan kelurahan yang melalukan PKM bersama desa adatnya, katena satu paket,” kata Dewa Rai.

Ditambahkan Dewa Rai, desa dan kelurahan yang menerapkan PKM akan membuat posko di perbatasan yang akan dijaga pecalang beserta aparat desa maupun lurah.

Baca juga :  Gairahkan Petani, Sumbangan Sembako Diminta Gunakan Produk Lokal

Ditanya berapa desa dan kelurahan yang mengajukan PKM, Dewa Rai, menyatakan terdapat 12 desa maupun kelurahan yang telah mengajukan PKM. Ke-12 desa dan kelurahan itu, yakni Desa Pemecutan Kaja, Desa Sanur Kauh, Kelurahan Panjer, Kelurahan Pedungan, Kelurahan Sesetan, Desa Ubung Kaja, Kelurahan Ubung, Desa Padangsambian Klod, Kelurahan Penatih, Kelurahan Serangan, Kelurahan Kesiman, dan Kelurahan Sanur.

Sementara Ketua MDA Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana, menyatakan untuk teknis pelaksanaan dan sanksi yang ditetapkan desa adat, pihaknya masih membuat rancangan PKM dengan landasan pararem dalam waktu satu Minggu kedepan. Kendati masih merancang aturan, pihak desa adat yang sudah melaksanakan PKM, sementara dapat menggunakan pararem masing-masing yang sudah disepakati, seperti sanksi moral dan sosial. Dimana, sanksi tersebut berupa pembinaan dan teguran tanpa ada sanksi fisik maupun dalam bentuk denda. (112)

Baca juga :  Hadiri Lokasabha X MGPSSR Kota Denpasar, Ini Kata Giri Prasta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini