BMKG : Waspadai Banjir Rob di Pesisir Selatan Pulau Bali

PANTAI JIMBARAN - Banjir Rob yang juga terjadi di Pantai Jimbaran.

Kuta, DenPost

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (27/5/2020), mengimbau akan adanya fenomena banjir Rob (banjir pesisir) pada, 27 sampai 28 Mei 2020. Salah satunya berpotensi terjadi di pesisir selatan Pulau Bali.

Menurut Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo, M.T., hal ini terjadi akibat adanya aktivitas air laut pasang dengan kondisi gelombang tinggi, serta curah hujan tinggi.

Kondisi ini, dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Indonesia, berupa banjir pesisir. Untuk itu, masyarakat pesisir pantai diimbau waspada adanya fenomena banjir pesisir. Kondisi ini juga diprediksi terjadi di pesisir barat Lampung, pesisir selatan Pulau Jawa, pesisir selatan Pulau Bali, dan pesisir selatan Nusa Tenggara Barat.

Hal ini kata dia dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.
“Masyarakat pun diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” ujar Eko Prasetyo. (113)

Baca juga :  Dibuka 7 Mei, Bandara Layani 69 Penerbangan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini